Bagikan:

JAKARTA - Timnas Prancis melenggang ke final Piala Dunia 2022 Qatar setelah menekuk Maroko, Kamis, 15 Desember dini hari WIB. Les Bleus menang dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Stadion Al-Bayt tersebut.

Kemenangan ini disambut sorak sorai suporter Prancis, termasuk mereka yang membanjiri boulevard Champs-Elysees di Paris. Meski harus berjuang melawan udara membeku, pendukung Les Bleus tetap penuh semangat meneriakkan nyanyian-nyanyian gembar kegembiraan.

"Kami lebih suka datang lebih awal karena nanti bakal ricuh. Kami hanya ingin merayakan kemenangan ini," kata salah satu pendukung Prancis, Kerene Massuka, seperti dikutip Antara via Reuters.

Para suporter hadir dengan diapit ratusan truk polisi yang ditugaskan mengamankan area tersebut saat suporter menyalakan kembang api. Pihak berwenang bersiap dengan mengerahkan puluhan ribu personel meskipun suhu di bawah 0 derajat Celcius.

Sekitar 10.000 petugas polisi dimobilisasi yang merupakan dua kali lipat dari yang diturunkan dalam Piala Dunia sebelumnya.

Maroko berkesempatan menjadi negara Afrika pertama yang mencapai final Piala Dunia, tetapi mimpi itu gagal terwujud. Mereka tak kuasa menahan gempuran sang juara bertahan.

Prancis yang justru bersiap menjadi tim pertama yang mempertahankan gelar juara Piala Dunia dalam 60 tahun terakhir ketika mereka menghadapi Argentina dalam final Minggu mendatang.