Bagikan:

JAKARTA - Portugal sudah pasti lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, mereka masih harus menyelesaikan laga terakhir kontra Korea Selatan (Korsel), Jumat, 2 Desember malam.

Ada kemungkinan Cristiano Ronaldo diistirahatkan. Hal itu disampaikan pelatih Portugal, Fernando Santos dalam jumpa pers jelang laga melawan Korsel.

Sang pelatih merasa perjumpaan nanti sudah tak terlalu krusial, jadi Ronaldo mungking ditepikan demi kebugaran di fase gugur.

"Apakah dia (Cristiano Ronaldo) akan bermain? Peluangnya 50-50, kita akan lihat nanti. Itu tergantung dari hasil latihannya hari ini, apakah kondisinya bagus," ujar Santos dikutip dari ESPN pada Jumat, 2 Desember.

“Kami sudah menyiapkan rencana jika dia tak main,” lanjutnya.

Melawan Korsel, Santos berpeluang merotasi formasi tim. Itu dilakukan sang pelatih dengan alasan mengurangi tekanan para pemain utama yang sudah tampil habis-habisan di dua laga sebelumnya.

Selain itu, cederanya Nuno Mendes, Danilo Pereira, dan Otavio membuat skuad Portugal mulai khawatir. Oleh sebab itu, demi menghindari badai cedera lebih lanjut, rotasi dirasa perlu dilakukan oleh Santos.

"Saya percaya dengan semua pemain saya, sekarang saya sudah kehilangan tiga pemain, mari kita lihat pemain yang lain," ujar Santos.

"Bermain setiap empat hari itu berat, para pemain kelelahan, yang bisa berujung stres dan akhirnya cedera. Menang dan memuncaki grup ini sangat krusial karena kami jadi punya libur tambahan untuk memulihkan kondisi pemain secara maksimal," jelasnya.

Portugal hanya butuh hasil imbang melawan Korsel untuk memastikan diri sebagai juara grup. Selecao juga masih punya kesempatan memuncaki klasemen jika Ghana gagal mengalahkan Uruguay.

Namun jika Portugal kalah dan Ghana menang, penentuan juara grup akan dilihat dari selisih gol di klasemen akhir.