Legenda Portugal dan Istri Cristiano Ronaldo Kompak Salahkan Fernando Santos
Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos. (Foto: Twitter/@selecaoportugal)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Portugal gagal melangkah ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Seleccao das Quinas secara menyakitkan tersingkir setelah kalah 0-1 dari Maroko di fase delapan besar.

Tak sedikit yang menuding kegagalan ini merupakan tanggung jawab dari sang pelatih, Fernando Santos. Satu di antaranya legenda sepak bola Portugal, Luis Figo.

Dia dengan tegas menyatakan, Santos patut disalahkan karena mengambil keputusan mencadangkan Ronaldo saat mereka tumbang di tangan Maroko. Padahal, menurutnya, sosok mantan pemain Juventus dan Manchester United itu sangat dibutuhkan tim.

"Anda tidak bisa memenangkan Piala Dunia dengan Cristiano di bangku cadangan," kata Figo sebagaimana dilansir dari Football Espana pada Senin, 12 Desember 2022 kemarin.

Di laga melawan Maroko, Ronaldo masuk menggantikan Ruben Neves pada menit ke-51. Ia memiliki satu peluang di menit tambahan waktu, tapi bisa digagalkan kiper Yassine Bono.

Itu merupakan kali kedua Ronaldo ditempatkan di bangku cadangan oleh pelatih 68 tahun itu.Sebelumnya di laga melawan Swiss di babak 16 besar, CR7 malah bermain

"Meninggalkan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan adalah sebuah kesalahan. Kekalahan ini menjadi tanggung jawab Fernando Santos," ujar Figo.

Tak hanya Figo yang menilai Santos bersalah. Kritikan yang sama juga disampaikan kekasih Ronaldo, Georgina Rodriguez.

Menurutnya, Santos telah membuat sebuah keputusan yang salah.

"Hari ini pelatih Anda membuat keputusan yang salah. Dia seharusnya menjadi sosok yang dapat dikagumi dan dihormati. Kamu juga tidak bisa membela seseorang yang tidak pantas mendapatkannya," tulis dia.

Kegagalan di Qatar membuat impian Ronaldo meraih Piala Dunia nyaris padam. Pasalnya, edisi berikut 2026 nanti dia mungkin saja sudah tidak bermain mengingat usianya sudah 41 tahun pada saat itu.