Fisik Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 Jadi Sorotan Tim Pelatih dalam Pemusatan Latihan
Pemain Timnas Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan untuk Piala AFF 2022. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 sudah berlangsung sejak 28 November lalu. Namun, fisik para pemain menjadi fokus utama para staf pelatih.

Kompetisi Liga 1 yang saat ini terhenti membuat fisik Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sangat kedodoran. Hal itu pun diakui pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu.

Menurutnya, penguatan dan fisik dasar para pemain sangat kurang. Hal itu membuat mereka kesulitan dalam mempertahankan fisik dasar para pemain.

"Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain," kata Sang-gyu seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Perlu diketahui, TC skuad Garuda untuk Piala AFF 2022 sejatinya digelar pada 10 Desember. Namun, lantaran Liga 1 vakum sejak 1 Oktober, staf pelatih memutuskan pemusatan latihan dipercepat demi menjaga kondisi fisik para pemain.

"Memang fisik masih kurang ya, apalagi saat ini persiapan pendek. Saat ini kami berupaya meningkatkan fisik pemain," lanjutnya.

Pria asal Korea Selatan itu kemudian mengungkapkan, pemusatan latihan yang saat ini dilakukan sama seperti yang sebelum-sebelumnya.

"Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina," jelasnya.

Indonesia masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Skuad Garuda baru akan memainkan laga perdana mereka di Piala AFF pada 23 Desember mendatang.

Tim asuhan Shin Tae-yong akan menjamu Kamboja di laga perdana. Tiga hari berselang, giliran Brunei Darussalam yang jadi lawan skuad Merah Putih.