Indra Sjafri Terapkan Promosi-Degradasi di Timnas Indonesia U-20 hingga Piala AFF U-19 2024
Indra Sjafri menerapkan promosi-degradasi di Timnas Indonesia U-20 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, mengatakan bakal terus menerapkan sistem promosi dan degradasi berlaku hingga pergelaran Piala AFF U-19 2024 pada Juli 2024.

Sejak dibentuk pada Desember 2023, Indonesia U-20 diproyeksikan tembus dan tampil pada Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Namun, sebelum bermuara ke agenda itu, ujian pertama yang harus dilewati Timnas Indonesia U-20 ialah Piala AFF U-19 2024.

Demi menentukan pemain yang pantas berada dalam skuad, pola promosi-degradasi dipilih Indra Sjafri untuk mencari pemain terbaik.

"Jadi, promosi-degradasi dalam rangka pembentukan tim ini, sampai kapan? Sampai Piala AFF U-19 2024. Tes pertama mereka nanti di AFF," kata Indra Sjafri dalam keterangannya dikutip Senin, 12 Januari 2024.

Ada sejumlah agenda yang telah dijalani para pemain dalam pemusatan latihan, termasuk uji coba. Dari agenda itu, Indra Sjafri mengatakan punya beberapa rangkaian tes yang harus dijalani sehingga mengetahui pemain mana yang memiliki kualitas.

Indra juga terus melakukan komunikasi dengan pelatih fisik klub masing-masing demi melihat perkembangan para pemainya apabila kembali ke klub sementara waktu.

"Kami cukup melihat mereka berkualitas atau tidak. Selain itu, mengambil tes fisik, psikologi, dan kesehatan yang menjadi latar belakang alasan mereka dipilih," tuturnya.

"Kami akan mengembalikan pemain ke klub. Pertama, saya sudah minta pelatih fisik (Timnas Indonesia U-20) untuk berkomunikasi dengan pelatih fisik klub," katanya.