Kansas City Chiefs Juara Super Bowl
Kansas City Chiefs juara Super Bowl LVIII musim 2023 (dok. AP).

Bagikan:

JAKARTA - Kansas City Chiefs sukses menjadi juara Super Bowl LVIII usai mengalahkan San Francisco 49ers lewat overtime 25-22 di Stadion Allegiant, Nevada, Minggu, 11 Februari 2024, malam waktu setempat.

Kemenangan Chiefs kian lengkap setelah quarterback Patrick Mahomes merebut gelar MVP Super Bowl.

Partai Chiefs vs 49ers berlangsung dramatis. Chiefs bangkit setelah tampil buruk di babak pertama.

Kansas City Chiefs tertinggal 3-10 pada babak pertama. Situasi serupa seperti tahun lalu dan empat tahun lalu melawan tim 49ers yang mana Chiefs tertinggal saat jeda.

Pertandingan kian mendebarkan setelah Patrick Mahomes membuat Chiefs comeback pada babak kedua dengan dua lemparan beruntunnya.

Lalu, gol dari Harrison Butker dari jarak jauh 52 yang memecahkan rekor dan aksi Marquez Valdes-Scantling dengan touchdown memberi Chiefs keunggulan pertama.

Kedua tim saling mengejar angka hingga akhir sebelum Butker mengirim permainan ke perpanjangan waktu dengan tembakan dari jarak 32 meter. Poin itu membuat kedudukan imbang 19-19 hanya tiga detik sebelum pertandingan usai.

Akhirnya, Mahomes menjadi aktor dalam kemenangan Chiefs. Dia melakukan penetrasi kemudian mengirim bola ke Mecole Hardman yang akhirnya melakukan touchdown. Tambahan poin itu membuat Chiefs menang dramatis 25-22.

Kemenangan Super Bowl musim 2023 atau LVIII ini membawa Kansas City Chiefs menjadi tim pertama juara back-to-back dalam hampir dua dekade terakhir.

Terakhir kali ada tim yang juara dua kali beruntun ialah New England Patriots pada 2005.

Selain itu, ini merupakan trofi Super Bowl ketiga Chiefs dalam lima tahun terakhir. Selain musim lalu, satu gelar Super Bowl lain diraih Chiefs pada 2019.

Total, Kansas City Chiefs sudah mengemas empat trofi Super Bowl, yaitu pada 1969, 2019, 2022, dan 2023.

Travis Kelce langsung memimpin perayaan Kansas City Chiefs dengan menyanyikan Viva Las Vegas saat ia mengangkat trofi kemenangan Super Bowl LVIII musim 2023.

"Tujuannya selalu untuk mendapatkan tiga gol. Sampai jumpa tahun depan," kata Travis Kelce di podium.

Sementara itu, Patrick Mahomes berarti sudah mengumpulkan tiga gelar MVP Super Bowl. Sebelumnya, dia mendapat penghargaan serupa pada musim 2019 dan 2022.

Catatan itu menyamai rekor Joe Montana dan hanya berselisih dua dengan peraih MVP Super Bowl terbanyak, Tom Brady (5).