F1 Dibikin Gempar, Bos Ferrari Mattia Binotto Mengundurkan Diri!
Team Principal Ferrari, Mattia Binotto (tengah). (Foto: Twitter @ScuderiaFerrari)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Ferrari. Team Principal Ferrari, Mattia Binotto, mengundurkan diri.

Kabar ini diumumkan laman resmi Instagram milik Formula 1 (F1). Dalam unggahan mereka itu, ada penjelasan dari Binotto soal keputusan ini.

Pria asal Italia itu mengaku berat harus meninggalkan Tim Kuda Jingkrak, julukan Ferrari. Namun menurutnya, ini adalah saat yang tepat untuk mengambil langkah besar tersebut.

"Dengan menyesal, saya telah memutuskan untuk mengakhiri kolaborasi saya dengan Ferrari. Saya meninggalkan perusahaan yang saya cintai, yang telah menjadi bagian saya selama 28 tahun, dengan ketenangan yang berasal dari keyakinan bahwa saya telah melakukan segala upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan," kata Binotto dalam postingan F1 di Instagram.

"Saya meninggalkan tim yang telah bersatu dan berkembang. Tim yang kuat, siap, saya yakin, untuk mencapai tujuan tertinggi, yang saya harapkan yang terbaik untuk masa depan."

"Saya pikir tepat untuk mengambil langkah ini sekarang meskipun keputusan ini sangat berat bagi saya. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Gestione Sportiva yang telah berbagi perjalanan ini dengan saya, yang terdiri dari kesulitan tetapi juga kepuasan yang luar biasa," lanjutnya lagi.

Sebelumnya sempat beredar desas-desus Ferrari akan mendepak Binotto dari posisi team principal. Namun, manajemen tim dengan tegas membantah hal tersebut.

Binotto dinilai sebagai salah satu faktor kunci kebangkitan Ferrari dalam beberapa tahun terakhir. Pada musim 2022, dia sukses membawa Ferrari menjadi rival sengit dari Red Bull Racing.

Buktinya, pebalap Ferrari, Carles Leclerc mampu menyegel posisi kedua klasemen akhir pebalap F1 musim 2022.