Frederic Vesseur Jadi Team Principal Ferrari, McLaren Tunjuk Stella Gantikan Seidl
Frederic Vasseur (Instagram.com/@F1)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah meninggalkan Alfa Romeo, Frederic Vasseur kini resmi jadi Team Principal baru Scuderia Ferrari untuk musim 2023. Kabar itu diumumkan bersamaan dengan kepindahan nama lainnya.

Lewat unggahan terbaru di Instagram pada Selasa, 13 Desember, akun resmi F1 mengonfirmasi posisi Vasseur sebagai Team Principal baru di tim Kuda Jingkrak.

“(Frederic) Vasseur menjadi bos tim baru @scuderiaferrari menggantikan Mattia Binotto,” tulis keterangan di akun @F1.

Vasseur sebelumnya menjadi Team Principal untuk Alfa Romeo selama enam tahun. Dalam masa jabatannya itu Vasseur sukses membawa tim ke urutan ketujuh musim ini.

Selain Ferrari, pabrikan McLaren juga mengumumkan perubahan pada posisi Team Principal-nya. Hengkangnya Andreas Seidl ke Alfa Romeo membuat posisi tersebut kosong.

Namun, kursi kosong itu langsung kembali terisi lantaran kini ditempati oleh Andrea Stella. Kabar ini juga dibagikan di hari yang sama oleh akun F1 yang hanya berselang beberapa jam.

“Andreas Seidl meninggalkan McLaren untuk bergabung dengan Sauber Grup sebagai CEO,” tulis keterangan untuk Seidl.

“McLaren mempromosikan Andrea Stella ke posisi Team Principal,” lanjut keterangan di unggahan lain.

Kehadiran Stella yang naik jabatan itu disambut baik CEO McLaren Racing, Zak Brown.

“Saya senang Andrea Stella naik jabatan menjadi prinsipal tim dan memimpin program teknis serta operasi tim F1 kami," ujar Brown, dilansir dari laman resmi McLaren, Selasa, 13 Desember.

"Andrea begitu bertalenta dan berpengalaman, dengan catatan kepemimpinan yang kuat,” imbuhnya.

Stella memang sudah lama bergabung dengan McLaren. Dia berada di tim asal Woking tersebut sejak 2015, sebagai kepala operasional balap, sebelumnya menjadi direktur balap.

Sebelum bersama McLaren, Stella memulai karier di F1 sebagai salah satu insinyur di Ferrari. Dia bahkan menjadi salah satu insinyur Ferrari yang mengantarkan Kimi Raikkonen menjadi juara dunia pada 2007.