Piala Dunia 2022, Brasil Vs Swiss: Gol Sensasional Casemiro Muluskan Langkah Selecao ke 16 Besar
Gol Casemiro membawa Brasil mengalahkan Swiss di laga kedua penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/ Lucas Figueiredo / CBF)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Brasil menyusul Prancis melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Selecao menjadi tim kedua yang menembus babak knockout setelah menang 1-0 melawan Swiss di Stadium 974, Selasa, 29 November, dini hari WIB.

Dengan tambahan tiga angka ini, Brasil memimpin klasemen Grup G dengan enam poin. Sementara Swiss berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Jika Brasil sudah pasti lolos, Swiss masih harus menunggu hasil di pertandingan terakhir untuk mengetahui nasib mereka.

Pada laga kontra, Brasil tampil tanpa Neymar. Sang pelatih, Tite, memainkan trio Richalison, Vinicius Junior dan Raphinha di lini depan. Mereka beberapa kali melayangkan ancaman ke gawang ke gawang Swiss

Peluang emas baru didapat pada menit ke-27. Sayang, Vinicius yang sudah berdiri bebas tanpa pengawalan, gagal membobol gawang Yan Sommer.

Bola hasil sontekan kaki kanannya usai menerima bola dari Raphinha, masih mampu dibendung Sommer.

Tak lama berselang, Raphinha yang memberikan ancaman. Tendangan keras dari luar kotak penalti pemain Barcelona itu mengarah tepat ke gawang.

Namun, bola masih mampu diamankan Sommer yang tampil sigap di bawah mistar gawang.

Brasil terus menekan pertahanan Swiss. Sayangnya, tak ada satu gol pun yang tercipta hingga jeda.

Pada babak kedua, Swiss tak lagi banyak bertahan. Pasukan Murat Yakin berani keluar untuk menekan pertahanan Brasil.

Sementara Selecao tak berhenti berusaha untuk mencetak gol perdana di laga ini.

Kebuntuan itu sempat pecah pada menit ke-64. Vinicius sebenarnya sukses membobol gawang Swiss usai menerima bola dari Casemiro. Namun, gol itu dianulir wasit setelah menerima masukan dari VAR karena sudah lebih dulu terjadi offside.

Melihat lini depannya kurang greget, Tite memasukan dua tenaga baru. Gabriel Jesus dan Antony dimainkan pada menit ke-74 menggantikan Richarlison dan Raphinha.

Brasil akhirnya mencetak gol pada menit ke-83. Gol ini pun terbilang sangat indah dengan proses yang dirancang sempurna.

Berawal dari pergerakan Vinicius, bola kemudian diberikan kepada Rodrygo. Pemain Real Madrid itu melakukan satu sentuhan untuk memberikan umpan kepada Casemiro.

Pemain Manchester United tersebut langsung melepaskan tendangan first time untuk menaklukkan kiper Yan Sommer.

Unggul 1-0 tak membuat Brasil mengendurkan serangan. Selecao terus menggempur pertahanan Swiss di sisa waktu pertandingan.

Meski memiliki sejumlah peluang, Brasil tetap tak mampu menambah keunggulan. Sementara Swiss hanya bisa menerima kekalahan dalam pertandingan ini.

Susunan pemain:

Brasil (4-3-3): Alisson Becker; Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Fred, Casemiro, Lucas Paqueta; Raphinha, Vinicius Junior, Richarlison

Swiss (4-2-3-1): Yan Sommer; Silvan Widmer, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Djibril Sow, Ruben Vargas, Fabian Rieder; Breel Embolo