Piala Dunia 2022: Kalah dari Ghana, Tipiskan Peluang Korea Selatan Lolos ke 16 Besar
Korea Selatan Vs Ghana (Twitter @ghanablackstars)

Bagikan:

JAKARTA - Ghana mendapat tiga angka pertama di penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar setelah menang dramatis 3-2 atas Korea Selatan di Education City Stadium, Senin, 28 November 2022 malam WIB.

Hasil ini membuat Ghana naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi tiga angka dari dua laga. Poin yang sama dikoleksi Portugal di posisi teratas yang akan bersua Uruguay dini hari nanti.

Ghana membuka skor ketika pertandingan sudah berjalan selama 24 menit. Mohammed Salisu membukukan namanya di papan skor setelah mendapat bola muntah di depan mulut gawang.

Wasit sempat menggunakan video assistant referee (VAR) untuk memastikan tidak terjadi handball saat proses terjadinya gol. Ia kemudian menunjuk titik tengah lapangan tanda bahwa gol tersebut sahih.

Di menit ke-34 Ghana berhasil menggandakan keunggulan mereka. Kali ini giliran Mohammed Kudus yang menggetarkan jala lawan, memaksimalkan umpan bagus dari rekannya Jordan Ayew.

Korea Selatan kemudian berusaha memperkecil kedudukan di ujung babak pertama. Namun, usaha Moon-Hwan Kim menciptakan situasi berbahaya di kotak penalti masih bisa diantisipasi lawan.

Delapan menit setelah turun minum, Gue-Sung Cho yang memberikan ancaman dengan sundulan menyambut bola crossing. Sayang, usahanya menyasar sudut kanan bawah gawang masih bisa diblokir oleh Lawrence Ati-Zigi.

Tiga menit berselang, upaya Korea pun membuahkan hasil. Gue-Sung Cho menorehkan namanya di papan skor dengan sebuah sundulan memaksimalkan umpan dari rekannya Kang In Lee.

Gue-Sung Cho dengan cepat membuat gol kedua setelah itu untuk menyamakan kedudukan menjadi sama kuat 2-2. Kali ini giliran Jin Su Kim yang memberikan assist.

Namun, Ghana kembali unggul lagi hanya tujuh menit setelah itu. Kudus sukses menorehkan gol keduanya di pertandingan ini setelah menerima bola kiriman dari Gideon Mensah.

Korea Selatan terus mengupayakan beberapa peluang setelah itu, di antaranya usaha dari Kang In Lee dan Jin Su. Namun, skor 3-2 untuk kemenangan Ghana terus bertahan sampai wasit meniup peluit panjang membubarkan laga.

Dengan hasil ini, langkah Korea Selatan untuk lolos ke babak 16 besar terbilang berat karena menghadapi Portugal di laga terakhir grup. 

Susunan Pemain

Korea Selatan (4-2-3-1): Seung Gyu Kim; Moon Hwan Kim, Min Jae Kim, Young Gwon Kim, Jin Su Kim; Woo Young Jung, In Beom Hwang; Heung Min Son, Woo Yeong Jeong, Chang Hoon Kwon.

Ghana (4-3-3): Lawrence Ati; Tariq Lamptey, Daniel Amartey, Mohammed Salisu, Gideon Mensah; Thomas Partey, Salis Abdul Samed, Mohammed Kudus; Andre Ayew, Inaki Williams, Jordan Ayew.