Piala Dunia 2022: Kroasia Bikin Kanada Tereliminasi, Persaingan di Grup F Memanas
Timnas Kroasia merayakan kemenangan atas Kanada pada laga kedua penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Kroasia meraih kemenangan perdana di Piala Dunia 2022 Qatar. Bertemu dengan Kanada pada laga kedua penyisihan Grup F di Khalifa International Stadium, Senin, 28 November dini hari WIB, Kroasia menang dengan skor 4-1.

Hasil ini membuat tim berjuluk Vatreni itu kini menempati posisi kedua dengan empat poin, sama seperti Maroko yang menempati posisi pertama.

Sedangkan Kanada dipastikan tersingkir setelah dua kali kalah di fase grup. Sebelumnya, mereka takluk dari Belgia.

Hasil ini membuat persaingan di Grup F kian panas. Ada tiga tim yang bersaing ketat untuk memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar.

Kroasia, Maroko dan Belgia bakal menjalani laga hidup mati di pertandingan terakhir. Menariknya lagi, Kroasia dan Belgia akan saling sikut di laga penentuan.

Kroasia dikejutkan dengan gol cepat Kanada. Laga baru memasuki menit k-2, Alphonso Davies sudah membuat timnya unggul. Memanfaatkan umpan silang Tajon Buchanan, pemain Bayern Munchen itu membobol gawang Kroasia dengan sundulan.

Luka Modric dan kawan kawan coba meresponsnya dengan meningkatkan serangan. Namun, permainan disiplin dari pemain Kanada menyulitkan Kroasia.

Justru sesekali pertahanan Kroasia dibuat kerepotan dengan serangan balik Kanada.

Tim asuhan Zlatko Dalic akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan pada menit ke-36. Menerima umpan Ivan Perisic, Andrej Kramaric sukses menjebol gawang Kanada yang dikawal Milan Borjan.

Pada menit ke-44, Kroasia berbalik unggul Tendangan keras Marko Livaja dari luar kotak penalti membuat kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Kroasia dan bertahan hingga turun minum.

Unggul 2-1 tak membuat Kroasia mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka tetap mendominasi penguasaan bola dan terus menekan pertahanan Kanada.

Pada menit ke-53, Kramaric nyaris menambah keunggulan Kroasia. Namun, kiper Milan Borjan berada di posisi yang tepat untuk menghalau datangnya bola.

Kramaric akhirnya mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-70. Menerima bola dari Perisic, pemain TSG 1899 Hoffenheim tersebut dengan tenang membobol gawang kanada dengan sepakan kaki kirinya.

Pesta gol Kroasia ditutup pemain pengganti, Lovro Majer, yang menerima umpan dari Mislav Orsic. Gol ini terjadi di menit tambahan babak kedua dan menjadi yang terakhir di laga ini.

Susunan pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Marko Livaja, Andrej Kramaric, Ivan Perisic

Kanada (4-4-2): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller, Richie Laryea; Atiba Hutchinson, Stephen Eustaquio, Alphonso Davies, Tajon Buchanan; Jonatan David, Cyle Larin