Piala Dunia 2022, Belgia Vs Maroko: Setan Merah Diterkam Singa Atlas
Timnas Maroko mengalahkan Belgia pada laga kedua penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Belgia takluk dari Maroko pada laga kedua penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. Setan Merah menyerah dengan skor 0-2 saat kedua tim bermain di Al Thumama Stadium, Minggu, 27 November.

Hasil ini membuat persaingan di Grup F kian memanas. Tambahan tiga poin membuat Maroko berada di puncak klasemen dengan empat poin, unggul satu poin dari Belgia.

Babak pertama berjalan ketat. Belgia memang lebih banyak menguasai bola, namun mereka kesulitan dalam hal penyelesaian akhir.

Belgia melepaskan enam kali tembakan, tapi hanya dua yang mengarah ke gawang. Sayang, dua upaya itu masih belum membuahkan gol.

Setan Merah terus tampil menekan di babak pertama. Sementara Singa Atlas sesekali melakukan serangan balik.

Suporter Maroko sempat bersorak gembira menyambut gol yang dicetak Hakim Ziyech pada menit tambahan babak pertama. Namun, seketika kegembiraan itu lenyap.

Wasit memutuskan gol tidak sah karena sudah lebih dulu terjadi offside sebelum gol terjadi. Keputusan itu diambil wasit setelah melihat tayangan VAR. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, permainan menjadi lebih menarik. Maroko lebih berani melakukan serangan. Laga pun semakin terbuka.

Kedua tim saling berbalas ancaman di awal babak kedua. Diawali Ziyech yang kemudian dibalas Eden Hazard. Namun, kiper kedua tim masih sigap dalam mengamankan gawang.

Dries Mertens yang baru masuk di babak kedua, turut memberikan ancaman ke gawang Maroko. Namun, lagi-lagi, kiper Munir masih sanggup mengagalkannya.

Gol yang ditunggu akhirnya tercipta juga. Singa Atlas yang membuka keunggulan pada menit ke-73.

Pemain pengganti, Abdelhamid Sabiri, memperdaya kiper Thibaut Courtois dengan tendangan bebas sensasional. Tak seperti Ziyech, gol Sabiri tak dianulir wasit.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez langsung merespons gol itu dengan memasukkan dua tenaga baru. Charles De Ketelaere dan Leandro Trossard masuk pada menit ke-75 untuk lebih menghidupkan daya dobrak timnya.

Romelu Lukaku yang baru saja pulih dari cedera, turut dimainkan. Pemain Inter Milan itu masuk di menit ke-81.

Namun, Belgia tetap tak mampu menjebol gawang lawannya. Justru gawang mereka kembali kebobolan di menit akhir pertandingan.

Berawal dari pergerakan Ziyech, bola kemudian diberikan kepada Zakaria Aboukhlal. Dengan tenang, pemain yang juga masuk di babak kedua tersebut meneruskan bola dengan sekali sentuhan dan membuat Courtois tak berdaya. Skor akhir 2-0 untuk Maroko.

Susunan pemain:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Timothy Castagne, Toby Alderweireld, Jan Vertoghen; Thoams Meunier, Amadou Mvom Onana, Axel Witsel; Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Michy Batshuayi

Maroko (4-3-3): Munir; Achraf Hakimi, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Noussair Mazroui; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri