Piala Dunia 2022, Prancis Vs Denmark: Mbappe Bawa Les Bleus Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar
Kylian Mbappe (kanan) membantu Prancis lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan atas Denmark pada laga kedua Grup D Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@equipedefrance)

Bagikan:

JAKARTA - Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Ini berkat kemenangan 2-1 atas Denmark di laga kedua penyisihan Grup D, Minggu, 27 November, dini hari WIB.

Dua gol Prancis dalam laga yang berlangsung di Stadium 974 itu dicetak pemain depan andalan mereka, Kylian Mbappe.

Seperti yang bisa diprediksi, Prancis tampil lebih mendominasi. Les Bleus membuat Denmark harus lebih banyak bertahan.

Beberapa ancaman sudah dilayangkan Prancis di awal babak pertama tapi tanpa ada gol yang tercipta.

Pada menit ke-21, Prancis mendapatkan peluang emas. Bermula dari umpan Ousmane Dembele, Adrien Rabiot melepaskan bola ke arah gawang lewat sundulan.

Namun, peluang ini dimentahkan kiper Denmark, Kasper Schmeichel, yang melakukan penyelamatan gemilang.

Prancis memiliki serangkaian peluang di babak pertama ini. Berdasarkan statistik, tim asuhan Didier Deschamps melepaskan 13 tembakan, dua di antaranya mengarah ke gawang.

Hal itu membuktikan penyelesaian akhir masih menjadi penghambat Prancis mencetak gol di babak pertama. Skor 0-0 pun bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Prancis tetap dominan. Denmark hanya bisa bertahan dan memainkan bola di aera mereka sendiri.

Mbappe kembali melayangkan ancaman ke gawang Denmark pada menit ke-56. Namun, Schmeichel masih sigap dalam memblok bola hasil tendangan pemain Paris Saint-Germain itu dan mengamankan gawangnya.

Kebuntuan itu pecah. Prancis mencetak gol pada menit ke-61 berkat kerja sama Theo Hernandez dengan Mbappe. Umpan satu dua antara keduanya diakhiri dengan sepakan kaki kanan dari Mbappe yang membuat bola meluncur deras ke gawang Schmeichel.

Ini merupakan gol ke-30 Mbappe dan menjadikannya menjadi pencetak gol terbanyak kedelapan timnas Prancis. Dia sejajar dengan Jean-Pierre Papin dan Just Fontaine.

Namun, tak butuh waktu lama untuk Denmark menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok, Andreas Christensen yang cukup bebas, menyundul bola tanpa bisa dibendung kiper Prancis, Hugo Lloris. Skor 1-1 di menit ke-68.

Prancis kembali unggul pada menit ke-86. Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan bola yang disodorkan Antoine Griezmann. Skor 2-1 pun bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Prancis memuncaki klasemen dengan enam poin. Ini sudah cukup untuk memastikan Les Bleus lolos ke fase gugur.

Sementara Denmark berada di posisi ketiga dengan satu poin, terpaut dua poin dari Australia yang ada di posisi kedua. Laga terakhir antara keduanya menjadi penentu siapa yang akan menemani Prancis ke babak 16 besar.

Susunan pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernández; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Denmark (3-4-3): Kasper Schmeichel; Joachim Andersen, Victor Nelsson, Andreas Christensen; Rasmus Kristensen, Pierre Hojbjerg, Christian Eriksen, Joakim Maehle; Jesper Lindstrom, Andreas Cornelius, Mikkel Damsgaard