Piala Dunia 2022, Polandia Vs Arab Saudi: Diwarnai Aksi Szczesny Tepis Penalti, The Green Falcons Gagal Bikin Kejutan Lagi
Kiper Polandia Wojciech Szczesny menepis penalti saat timnya mengalahkan Arab Saudi di laga kedua Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@LaczyNasPilka)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Arab Saudi gagal mengulangi kejutan yang mereka buat di laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar. Berhadapan dengan Polandia di Education City Stadium, Sabtu, 26 November, tim berjuluk The Green Falcons itu kalah dengan skor 0-2.

Hasil ini membuat Arab Saudi gagal menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Justru persaingan di Grup C kembali panas.

Polandia sementara memimpin klasemen grup dengan empat poin, diikuti Arab yang hanya terpaut satu poin.Posisi ketiga diisi Meksiko dengan satu poin dan Argentina menempati posisi keempat tanpa poin.

Arab yang meraih kemenangan di laga perdana lawan Argentina, tampil dengan penuh percaya diri. Mereka memainkan permainan terbuka dan berani meladeni Polandia.

Bahkan pada menit ke-13, Mohamed Kanno melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengancam gawang tim asuhan Czeslaw Michniewicz. Beruntung buat Polandia, kiper Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang untuk membuat skor tetap 0-0.

Pemain Polandia nampak frustrasi dalam menghadapi permainan Arab. Terbukti, mereka justru tampil kasar.

Tercatat dalam lima menit, mulai dari menit ke-15, ada tiga pemain Polandia yang menerima kartu kuning. Mereka adalah Jakub Kiwior, Matty Cash dan Arkadiusz Milik.

Kebuntuan Polandia akhirnya pecah pada menit ke-39. Berawal dari pergerakan Robert Lewandowski, bola kemudian disodorkan kepada Piotr Zielinski.

Dengan tenang, pemain Napoli itu menghujam gawang Mohammed Khalil Al Owais, dengan sepakan kaki kanannya.

Arab Saudi sebenarnya punya peluang emas untuk meyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit ke-45. Hukuman diberikan kepada Polandia terjadi setelah Krystian Bielik melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Namun, Salem Al Dawsari gagal menundukkan Wojciech Szczesny. Kiper Juventus itu berhasil membaca arah tendangan kapten The Green Falcons tersebut.

Mohammed Al-Breik mencoba memanfaatkan bola muntah, tapi lagi-lagi digagalkan Szczesny. Skor 1-0 untuk Polandia bertahan hingga jeda.

Arab meningkatkan intensitas serangan mereka. Polandia dibuat lebih banyak bertahan dan hanya sesekali melakukan serangan balik.

Pada menit ke-55, Al Dawsari nyaris membuat kedudukan imbang jadi 1-1 dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Polandia. Namun, Szczesny masih sigap mengamankan gawang dari kebobolan dengan kakinya.

Pertahanan Polandia benar-benar dibombardir Arab Saudi. Serangan bertubi-tubi dilancarkan The Green Falcon. Namun, masih belum ada peluang yang sukses dikonversikan menjadi gol penyama kedudukan.

Polandia juga punya peluang. Dua di antaranya berasal dari aksi Milik dan Lewandowski. Sayang, bola yang dieksekusi keduanya hanya membentur mistar dan tiang gawang.

Arab Saudi terus menekan pertahanan Polandia. Namun, petaka terjadi pada menit ke-82. Blunder Abdulellah Almalki berbuah gol kedua yang bersarang di dalam gawang timnya. Dia gagal mengontrol bola dengan baik sehingga direbut Lewandowski yang kemudian mencatatkan namanya di papan skor.

Gol tersebut menjadi yang terakhir di laga ini. Polandia pun menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0.

Susunan pemain:

Polandia (4-4-1-1): Wojciech Szczesny; Matthew Cash, Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jakub Kiwior; Kystian Bielik, Grzegorz Krychowiak, Przemyslaw Frankowski, Piotr Zielinski; Arkadiusz Milik; Robert Lewandowski

Arab Saudi (4-3-3): Mohammed Al Owais; Saud Abdulhamid, Abdulelah Alamri, Ali Albulayhi, Mohammed Al-Burayk; Abdulelah Almalki, Sami Al-Najei, Mohammed Kanno; Feras Al-Birakan, Salem Al Dawsari, Saleh Al-Shehri