Piala Dunia 2022: Dihajar Senegal 3-1, Qatar Terkapar!
Bamba Dieng mencetak gol ketiga Senegal (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Qatar menghadapi Senegal dalam laga hidup mati Grup A di Stadion Al Thumama, Doha, pada Jumat malam WIB.

Kedua tim kalah pada pertandingan pertamanya. Qatar dibungkam 0-2 oleh Ekuador, sedangkan Senegal takluk dalam skor yang sama kepada Belanda.

Baru tiga menit laga berjalan, Senegal mengancam gawang tuan rumah melalui Ismaila Sarr.

Tendangan kaki kanannya dari sudut sempit nyaris mengarah ke gawang tuan rumah dan menyamping beberapa sentimeter.

Senegal kembali mengancam. Kali ini, umpan silang Idrissa Gueye disambut sundulan Famara Diedhiou pada menit 16. Tapi, masih melenceng ke sebelah kanan gawang Qatar.

Lima menit menjelang turun minum, tendangan Boulaye Dia dari tengah kotak penalti menembus sisi kiri bawah jala gawang Qatar yang dikawal Meshaal Barsham. Lions Of Teranga memimpin 1-0.

Di babak kedua, Senegal tidak mengendurkan serangan. Laga berjalan dua menit, upaya kedua Diedhiou melalui kepala berhasil menembus gawang Qatar.

Menyambut umpan tendangan pojok Ismail Jakobs, striker Alanyaspor itu membawa timnya memimpin dua bola.

Qatar memperkecil ketinggalan melalui Mohammed Muntari pada menit 77. Sundulannya di kotak penalti hasil umpan silang Ismaeel Miohammad, sukses menembus sudut kiri bawah gawang Edourad Mendy.

Ngotot menyamakan kedudukan, Qatar malah kembali kebobolan pada menit 84. Kali ini Bamba Dieng meluncurkan tendangan keras setelah menerima umpan dari Iliman Ndiaye. Skor 3-1 untuk kemenangan Senegal menutup laga.

Dengan hasil ini, Qatar dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022 dan harus menjadi penonton di rumah sendiri. Apapun hasil dari laga terakhir kontra Belanda, tidak akan mengubah nasib The Maroon.

Qatar mengulang sejarah Afrika Selatan (2010) sebagai tim tuan rumah Piala Dunia yang gagal lolos dari fase grup.

Sementara itu, Senegal, membuka peluang lolos ke babak 16 besar setelah mengantongi tiga poin pertama. Pada pertandingan terakhir,  Kalidou Koulibaly dkk akan menghadapi Ekuador.

Susunan pemain:

Qatar (5-3-2): Barsham, Miguel, Hassan, Mohamad, Al-Haydos, Afif, Boudiaf, Ahmed, Madibo, Khoukhi, Ali.

Senegal (4-4-2): Mendy, Sabaly, Koulibaly, Diallo, Mendy, Diedhiou, Gueye, Jakobs, Diatta, Sarr, Dia.