Piala Dunia 2022 Grup C: Argentina Tuntaskan Misi, Meksiko Gagal Lolos dari Lubang Jarum
Julian Alvarez, pencetak gol kedua Argentina ke gawang Polandia (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan terakhir di Grup C Piala Dunia 2022 antara Polandia vs Argentina dimenangi Albiceleste 2-0. Pada laga lainnya, Meksiko mengalahkan Arab Saudi 2-1. Dengan hasil ini, Argentina dan Polandia lolos ke babak 16 besar.

Polandia Vs Argentina

Argentina menurunkan empat pemain berorientasi menyerang termasuk ujung tombak tunggal Julian Alvarez dalam pertandingan terakhir Grup C melawan Polandia.

Di belakang Alvares, trio Alexis Mac Allister, Lionel Messi dan Angel Di Maria menyempurnakan tim serang Argentina dalam formasi 4-2-3-1.

Argentina harus menang karena posisinya untuk lolos ke 16 besar terancam baik oleh Arab Saudi maupun Meksiko yang juga bertanding pada jam yang sama.

Polandia cukup mendapatkan hasil seri agar masuk 16 besar, sekalipun kemenangan sudah pasti target utama mereka dari pertandingan ini.

Polandia memasang formasi yang memastikan keseimbangan di semua lini dalam pola 4-4-2 di mana duet Karol Swiderski dan Robert Lewandowski berada di ujung serangan.

Dua striker jangkung yang superior dalam bola-bola atas ini membuat Argentina tidak memasang bek Lisandro Martinez yang berpostur pendek untuk seorang pemain belakang dalam sebelas pemain pertamanya.

Dengan formasi ini, Albiceleste mendominasi dan membombardir gawang Polandia. Sayangnya, peluang yang diperoleh Messi melalui titik penalti pada menit 39 gagal dimanfaatkan dengan baik oleh La Pulga. Tendangannya berhasil ditepis Szczesny.

Argentina akhirnya menuntaskan misi untuk lolos ke babak 16 besar melalui gol Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez pada menit 46 dan 67.

Susunan pemain

Polandia (4-4-2): Wojciech Szczesny; Matty Cash, Kamil Glik, Jakub Kiwior, Bartosz Bereszynski; Piotr Zielinski, Krystian Bielik, Grzegorz Krychowiak, Przemyslaw Frankowski; Karol Swiderski, Robert Lewandowski.

Argentina (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Marcos Acuna, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina; Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul; Alexis Mac Allister, Lionel Messi, Angel Di Maria; Julian Alvarez.

Arab Saudi vs Meksiko

Arab Saudi memasang formasi solid di lini belakang setelah dua kali dibobol Polandia pada laga kedua, dengan memasang tiga bek tengah dalam pola bermain 3-4-3, dalam menantang Meksiko.

Tetapi, Saudi juga memasang tiga pemain di lini depan karena memburu kemenangan yang menjadi syarat mutlak mencapai 16 besar dan berpotensi menjadi juara grup jika Polandia versus Argentina berakhir seri.

Meksiko apa lagi. Menang menjadi keharusan agar lolos ke 16 besar, tetapi harus dilakukan dengan mencetak paling sedikit empat gol sebagai jaga-jaga jika Argentina bermain seri dengan Polandia.

Sayangnya, Meksiko hanya mampu menang 2-1 atas Arab Saudi melalui Henry Martin (47) dan Luiz Chavez (51) sehingga mereka gagal lolos dari lubang jarum.

Susunan pemain

Arab Saudi (3-4-3): Mohamed Al-Owais; Abdulelah Al-Amri, Ali Al-Bulaihi, Hassan Tambakti; Sultan Al-Ghanam, Mohamed Kanno, Ali Al-Hassan, Saud Abdulhamid; Firas Al-Buraikan, Saleh Al-Shehri, Salem Al-Dawsari.

Meksiko (4-2-3-1):Guillermo Ochoa; Jesus Gallardo, Hector Moreno, Cesar Montes, Jorge Sanchez; Luis Chavez, Edson Alvarez; Alexis Vega, , Orbelin Pineda, Hirving Lozano; Henry Martin.

Di babak 16 besar, Argentina akan menghadapi Australia, sementara Polandia  meladeni Prancis.


Klasemen akhir Grup C Piala Dunia 2022:

1. Argentina: 6
2. Polandia: 4
3. Meksiko: 4
4. Arab Saudi: 1