Piala Dunia 2022: Giroud-Mbappe Catat Rekor Saat Prancis Menyusul Belanda dan Argentina ke Perempat Final
Prancis mengalahkan Polandia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar berkat gol dari Olivier Giroud dan Kylian Mbappe. (Foto: Twitter/@FrenchTeam)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Prancis melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Polandia di Al Thumama Stadium, Minggu, 4 Desember, malam. Les Bleus menang dengan skor 3-1 pada babak 16 besar tersebut.

Tak ada kejutan yang tercipta meski Polandia sebenarnya memberikan perlawanan. Prancis pun mengikuti jejak Belanda dan Argentina yang sudah lebih dulu lolos ke babak berikutnya.

Pada babak selanjutnya, Prancis akan menghadapi pemenang laga antara Inggris kontra Senegal. Pertemuan Prancis dengan Inggris tentu sangat dinantikan.

Jalannya laga

Pertandingan Prancis kontra Polandia berjalan ketat nan menghibur. Prancis mendapatkan peluang pada menit ke-16 lewat sepakan Ousmane Dembele. Meski bola mengarah ke gawang, tapi kiper Wojciech Szczesny berada dalam posisi yang tepat untui menangkapnya.

Kondisi yang sama juga terjadi pada peluang Jules Kounde pada menit ke-22. Bola dengan mudah ditangkap kiper Polandia.

Olivier Giroud juga nyaris mencetak gol pembuka di laga ini. Namun sayang, meski sudah tanpa pengawalan, sontekannya masih jauh dari sasaran.

Polandia bukannya tanpa peluang. Bahkan mereka nyaris mencetak gol pada menit ke-38.

Beruntung buat Prancis, para pemain belakang mereka sigap dalam memblok semua bola yang ingin masuk ke dalam gawang, Hugo Lloris, Theo Hernandez dan Raphael Varane jatuh bangun menjaga skor tetap imbang 0-0.

Pada menit ke-44, Prancis yang berhasil memecah kebuntuan. Menerima umpan dari Mbappe, Giroud lepas dari jebakan offside. Dengan tenang, pemain AC Milan itu menundukkan Szczesny.

Gol ini semakin memantapkan rekor Giroud sebagai pencetak gol terbanyak timnas Prancis sepanjang masa. Dia sudah mencetak 52 gol untuk Les Bleus.

Selain itu, gol Giroud itu juga menjadi yang terakhir di babak pertama. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan sama serunya. Polandia terus memberikan perlawanan sengit. Sementara Prancis yang sudah unggul, tak mau bertahan begitu saja.

Aksi saling jual beli serangan pun terjadi. Meski belum ada hasil yang diraih kedua tim karena lini pertahanan mereka sama-sama bermain luar biasa.

Memasuki menit ke-74, Les Bleus mencetak gol keduanya. Kali ini, Mbappe yang jadi pencetak gol untuk tim asuhan Didier Deschamps.

Berawal dari serangan balik, Giroud melakukan kerja sama dengan Dembele. Bola kemudian diberikan pemain Barcelona itu kepada Mbappe yang tak terkawal. Tendangan keras Mbappe membuat bola meluncur tak terbendung ke gawang Polandia.

Di sisa waktu yang ada, Polandia nampak tak lagi bergairah. Mereka pun kesulitan menembus kokohnya pertahanan Prancis. 

Justu Les Bleus yang menambah keunggulan jelang akhir laga. Mbappe mencetak gol keduanya lewat tendangan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Gol tersebut membuat Mbappe turut mencatatkan rekor dalam pertandingan ini. Dia

menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak sembilan gol di Piala Dunia sebelum ulang tahun yang ke-24.

Polandia mendapatkan gol hiburan pada menit tambahan babak kedua. Mereka mendapatkan hadiah penalti setelah wasit melihat dalam tayangan VAR ada pemain Prancis yang melakukan handsball.

Robert Lewandowski yang jadi algojo sebenarnya gagal di kesempatan pertama. Eksekusi pertamanya berhasil diamankan Hugo Lloris.

Namun, penalti harus diulang karena para pemain Prancis sudah masuk ke dalam kotak penalti sebelum Lewandowski mengeksekusinya. Pada kesempatan kedua, pemain Barcelona itu tak melakukan kesalahan yang sama. Skor akhir pun 3-1 untuk kemenangan Prancis.

Susunan pemain:

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Polandia (3-4-2-1): Wojciech Szczesny; Jakub Kiwior, Kamil Glik, Bartosz Bereszynski; Przemyslaw Frankowski, Grzegorz Krychowiak, Sebastian Szymanski, Matty Cash; Jakub Kaminski, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski