Maroko Menggila di Piala Dunia 2022, Performa Apik Singa Atlas Tak Lepas dari 14 Pemain Kelahiran Luar Negeri
Dua pemain timnas Maroko, Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi. (Foto: Instagram.com/@hziyech)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Maroko tampil menggila di Piala Dunia 2022. Tim raksasa sekelas Spanyol dan Portugal berhasil disingkirkan.

Apiknya performa Singa Atlas itu ternyata tak lepas dari 14 pemain yang lahir di luar Maroko (foreign born).

Nama terkenal seperti Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi termasuk di antaranya.

Ziyech lahir di Kota Dronten, Belanda pada 1993. Dia kemudian menimba ilmu sepak bola di tim junior Dronten dan Heerenveen.

Setelah promosi ke skuad utama Heerenveen pada 2012 atau di usia 19 tahun, karier profesional Hakim Ziyech terus meroket. Ia berkesempatan membela Twente (2014-2016), Ajax Amsterdam (2016-2020) dan Chelsea (2020 hingga kini).

Bersama klub-klub di atas, Hakim Ziyech juga meraih trofi Liga Belanda 2018-2019 (Ajax Amsterdam) dan Liga Champions 2020-2021 (Chelsea).

Selain Hakim Ziyech, ada juga Achraf Hakimi yang lahir di Madrid, Spanyol pada 4 November 1998. Meski lahir di luar negeri, tapi Hakimi adalah putra dari pasangan asli Maroko.

Alasan itulah yang membuatnya berbesar hati memperkuat Singa Atlas di Piala Dunia kali ini. Sebelumnya masa muda Hakimi dihabiskan di Spanyol dengan menimba ilmu di akademi junior Real Madrid.

Meski gagal menjadi pemain andalan Real Madrid karena kalah bersaing dari Dani Carvajal, tapi Hakimi justru bersinar bersama Borussia Dortmund, Inter Milan dan Paris Saint-Germain (PSG).

Kesempatan sang pelatih, Walid Regragui menyertakan 14 pemain foreign born dari 26 daftar nama yang di boyong ke Qatar tak lepas dari campur tangan Federasi Sepakbola Maroko (RMFF).

Dikutip dari Reuters pada Selasa, 13 Desember, federasi Maroko memang aktif menyebar pencari bakat di Eropa guna menemukan para pemain yang mau membela salah satu negara di Benua Afrika itu.

Pencari bakat yang ditugasi RMFF untuk urusan ini adalah mantan pemain timnas Maroko, Noureddine Moukrim. Moukrim sembilan tahun menjadi pencari bakat Maroko di Belgia dan punya tugas menghubungi pemain yang masih muda dan menawarinya membela timnas Maroko.

Selain Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi, ada 12 nama lain yang merupakan pemain kelahiran luar negeri tapi memilih masuk dan membela timnas Maroko di Piala Dunia 2022.

Berikut daftar 14 nama pemain timnas Maroko yang lahir di luar negeri beserta klub yang dibela

  1. Hakim Ziyech (Belanda – Chelsea)
  2. Achraf Hakimi (Spanyol – PSG)
  3. Yassine Bounou (Kanada – Sevilla)
  4. Munir Mohamedi (Spanyol – Al Wehda)
  5. Romain Saiss (Prancis - Besiktas)
  6. Noussair Mazraoui (Belanda – Bayern Munich)
  7. Sofyan Amrabat (Belanda – Fiorentina)
  8. Selim Amallah (Belgia – Standard Liege)
  9. Anass Zaroury (Prancis – Burnley)
  10. Ilias Chair (Belgia – Queens Park Rangers)
  11. Bilal El Khannous (Belgia – KRC Genk)
  12. Sofiane Boufal (Prancis – Angers)
  13. Zakaria Aboukhlal (Belanda – Toulouse)
  14. Walid Cheddira (Italia – Bari)