Andries Noppert Jadi Pemain Tertinggi di Piala Dunia 2022, Lantas Siapa Pemain Terpendek, Tertua dan Termuda?
Penjaga gawang timnas Belanda, Andries Noppert. (Foto: Instagram.com/@andriesnoppert)

Bagikan:

JAKARTA - Penjaga gawang timnas Belanda, Andries Noppert mencuri perhatian publik jelang digelarnya Piala Dunia 2022 di Qatar. Dengan tinggi badan 203 cm, ia menjadi pemain paling tinggi yang akan tampil di Qatar.

Catatan tinggi Noppert unggul satu senti dari penjaga gawang timnas Serbia, Vanja Milinkovic-Savic yakni 202 cm.

Tampil di Piala Dunia menjadi kesempatan perdana Noopert. Ia pertama kali gabung tim berjuluk The flying Dutchman pada September 2022.

Meski terbilang baru tapi Louis van Gaal memberinya kepercayaan untuk masuk skuad Piala Dunia 2022.

Noppert merupakan penjaga gawang yang membela klub Heerenveen. Di sana, dia juga menjadi pemain tertinggi.

Jika Noppert jadi pemain tertinggi yang akan tampil di Piala Dunia 2022, ada pula pemain terpendek yang akan tampil di agenda bergengsi empat tahunan ini.

Catatan pemain terpendek yang akan tampil di Qatar di pegang oleh pemain timnas Maroko, Ilias Chair dengan tinggi 158 cm. Chair merupakan pemain Queens Park Rangers yang bermain di kasta kedua Liga Inggris, Championship.

Meski baru gabung timnas Maroko pada tahun 2021, tapi gelandang 25 tahun itu telah memiliki 10 caps bersama Singa Atlas. 

Untuk pemain termuda yang akan tampil di Piala Dunia 2022 catatan itu kini dipegang oleh penyerang timnas Jerman, Youssoufa Moukoko. Pemain Borussia Dortmund itu akan genap 18 tahun saat Piala Dunia 2022 dimulai pada 20 November mendatang.

Moukoko merupakan pemain kelahiran Yaounde, Kamerun, 20 November 2004. Moukoko dipilih pelatih Jerman, Hansi Flick, menyusul cedera yang dialami Timo Werner.

Sebagai pemain dengan catatan usia termuda, Moukoko bahkan belum punya caps bersama timnas Jerman. Itu artinya penampilan di akhir pekan nanti akan jadi pengalaman pertamanya.

Namun begitu, kemampuan Moukoko juga tak perlu diragukan. Bersama Borussia Dortmund, ia tampil apik dengan torehan enam gol dari 14 penampilan di Bundesliga.

Di urutan pemain tertua Piala Dunia 2022, pemenangnya masih dipegang penjaga gawang timnas Meksiko, Alfredo Talavera. Kiper klub Juarez itu akan berusia 40 tahun dan 63 hari saat Piala Dunia 2022 dibuka.

Talavera memiliki banyak pengalaman memperkuat timnas Meksiko dengan mengoleksi 40 caps sejak 2011. Namun Talavera lebih sering menjadi pelapis kiper hebat Meksiko seperti Jesus Corona dan Guillermo Ochoa.