Piala Dunia 2022, Brasil Vs Serbia: Diwarnai Gol Salto Richarlison, Tim Samba Pukul Orlovi 2-0
Richarlison merayakan gol ke gawang Serbia (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Laga Grup G Piala Dunia 2022 antara favorit juara Brasil menghadapi kuda hitam dari Balkan, Serbia tersaji di Al Janoub Stadium, di kota Al Wakrah, Jumat dini hari WIB.

Dalam laga ini, Brasil memasang tiga penyerang termasuk Vinicius Jr dalam formasi ofensif 4-2-1-3 dengan menempatkan Lucas Paqueta dan Casemiro sebagai jangkar.

Sementara itu, kapten Thiago Silva memimpin lini belakang bersama Maquinhos, sedangkan dua bek sayap Danilo dan Alex Sandro menempati dua sisi pertahanan Brasil.

Adapun Serbia, sudah pasti memasang tiga bek tengah untuk menghadapi permainan eksplosif Brasil itu dan sekaligus lebih melindungi kiper Vanja Milinkovic-Savic dalam formasi 3-4-2-1.

Orlovi menempatkan Aleksandar Mitrovic sebagai target man yang diapit Sergej Milinkovic-Savic dan Dusan Tadic di kedua sayap serangan.

Di lini belakang, bek Fiorentina Nikola Milenkovic dipasang sebagai penghadang.

Laga berjalan sedikit keras pada awal babak di mana kedua tim kerap kali melakukan pelanggaran meski tidak banyak kartu yang dikeluarkan wasit asal Iran, Alireza Faghani.

Saat wasit meniup peluit tanda jeda, skor masih tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Tim Samba memecah kebuntuan melalui Richarlison pada menit 61. Tendangan kaki kirinya dari jarak dekat sukses menembus jala gawang Vanja Milinkovic-Savic.

Striker Tottenham Hotspur itu bahkan menggandakan keunggulan lewat gol saltonya pada menit 73 setelah memanfaatkan umpan Vinicius dari sisi kiri pertahanan Serbia.

Brasil terus menggempur Serbia. Dua gelandang Manchester United, Casemiro dan Fred, bahkan nyaris membuat gol ketiga pada menit-menit akhir pertandingan.

Menjelang laga usai, tendangan kaki kiri pemain Setan Merah lainnya, Antony, dari jarak jauh melambung dan melebar ke kiri. Brasil menang 2-0 hingga laga usai.

Susunan pemain kedua tim

Brasil (4-2-1-3): Alisson Becker; Danilo, Thiago Silva (kapten), Marquinhos, Alex Sandro; Lucas Paqueta, Casemiro; Neymar; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior

Serbia (3-4-2-1): Vanja Milinkovic-Savic; Nikola Milenkovic, Milos Veljkovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic, Sasa Lukic, Nemanja Gudelj, Filip Mladenovic; Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic (kapten); Aleksandar Mitrovic