Piala Dunia 2022, Portugal Vs Ghana: Cristiano Ronaldo Cetak Sejarah, A Selecao Koleksi 3 Poin
Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, mencetak sejarah saat timnya menang 3-2 atas Ghana di Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Portugal memetik kemenangan pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022 Qatar. A Selecao membungkam Ghana dengan skor 3-2 saat bertanding di Stadium 974, Kamis 24 November waktu setempat atau Jumat 25 November dini hari WIB.

Portugal bermain dengan sabar dalam membongkar pertahanan Ghana pada babak pertama. Tim asuhan Fernando Santos tak buru-buru menekan dan menunggu pemain lawan lengah dan berbuat kesalahan.

Cristiano Ronaldo yang didapuk jadi kapten, mendapatkan peluang emas pada menit ke-10. Dia sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ghana, Lawrence Ati Zigi.

Sayang, pemain yang baru saja berpisah dengan Manchester United itu gagal memanfaatkannya. Sontekannya masih mampu diblok Ati Zigi.

Tak lama berselang, Ronaldo kembali mengancam. Kali ini, bola sundulannya belum menemui sasaran.

Portugal membuat pemain Ghana kesulitan dalam menyerang. A Selecao menerapkan pressing ketat yang membuat lawan berjuang keras untuk memasuki kotak penalti mereka.

Jelang akhir babak pertama, Portugal beberapa kali mengancam pertahanan lawan. Namun, tetap tak ada gol yang tercipta.

Ghana tampil lebih baik di babak kedua. Mereka lebih berani melakukan serangan. Bahkan, pada menit ke-55, tim asuhan Otto Addo nyaris mencetak gol pertama dalam laga ini.

Namun, bola hasil tembakan dari Mohammed Kudus masih tipis di sisi kiri gawang Portugal.

Petaka bagi Ghana terjadi pada menit ke-63. Pelanggaran pemain belakang terhadap Ronaldo di kotak penalti berujung hukuman penalti.

CR7 yang maju sebagai algojo menunaikan tugasnya dengan sempurna. Gol ini menjadikannya sebagai pemain pertama yang mencetak gol di lima Piala Dunia edisi berbeda.

Ghana mencoba membalas. Kudus kembali memberikan ancaman ke gawang Portugal lewat tendangan kerasnya. Namun kali ini tendangannya mampu diredam kiper Portugal Diogo Costa.

Gol penyama kedudukan itu akhirnya datang pada menit ke-73. Umpan silang dari Kudus gagal disapu bersih oleh Danilo Pereira. Bola kemudian dituntaskan Andrew Ayew untuk membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Portugal kembali unggul pada menit ke-78.Kali ini kesalahan dibuat lini pertahanan Ghana. Umpan terobosan dari Bruno Fernandes gagal diantisipasi. Alhasil, Joao Felix yang lolos dari pengawalan, sukses menundukkan Ati-Zigi.

Tak lama berselang, A Selecao menambah keunggulan mereka. Lagi-lagi kreatornya adalah Bruno Fernandes. Umpan yang diberikannya mampu dituntaskan dengan sempurna oleh Rafael Leao yang baru masuk di babak kedua.

Pertandingan menjadi kian seru setelah Ghana memperkecil ketertinggalan pada menit ke-89. Pemain pengganti, Osman Bukari, berhasil membobol gawang Portugal melalui sundulan.

Kiper Portugal, Diogo Costa, nyaris melakukan blunder di menit-menit akhir. Beruntung, pemain Ghana tak mampu memanfaatkan kelengahan Costa. Skor akhir pun 3-2 untuk Portugal.

Susunan pemain

Portugal (4-1-2-1-2): Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves; Otavio, Bernardo Silva; Bruno Fernandes; Joao Felix, Cristiano Ronaldo

Ghana (5-3-2): Lawrence Ati-Zigi; Abdul-Rahman Baba, Daniel Amartey, Alexander Djiku, Mohammed Salisu, Alidu Seidu; Thomas Partey, Salis Abdul Samed, Mohammed Kudus; Andre Ayew, Inaki Williams