Piala Dunia 2022, Uruguay Vs Korea Selatan: Diwarnai 2 Kali <i>Woodwork</i>, La Celeste Ditahan Imbang Taegeuk Warriors
Uruguay Vs Korea Selatan (Twitter @fifawordlcup)

Bagikan:

JAKARTA — Korea Selatan sukses menahan imbang Uruguay dalam pertandingan perdana penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Pertandingan yang berlangsung Education City Stadium, Kamis, 24 November 2022 malam, itu selesai dengan skor 0-0.

Ini menjadi hasil imbang pertama kedua tim dalam tiga pertemuan mereka di Piala Dunia. Di dua pertemuan sebelumnya Uruguay selalu menang.

Kemenangan pertama terjadi di babak penyisihan grup di Udine di Italia pada Piala Dunia 1990. Adapun kemenangan kedua terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Kesempatan mencetak gol awalnya didapat pemain Korea Ui Jo Hwang pada menit ke-34. Ia menemukan ruang kosong di dalam kotak penalti, tetapi kesempatan ini malah melenceng sangat jauh ke atas gawang.

Due menit sebelum waktu normal babak pertama berakhir, giliran La Celeste yang memberikan ancaman melalui sundulan Diego Godin menyambut bola hasil tendangan sudut.

Bola hasil sundulan sempat melewati penjaga gawang Korea, tetapi sayang hanya membentur tiang kiri gawang (woodwork). Skor kacamata pun bertahan hingga peluit jeda.

Pada pertengahan babak kedua saat papan skor belum berubah, Diego Alonso memutuskan merombak lini serangnya. Ia mengeluarkan Luis Suarez dan memasukkan Edinson Cavani.

Cavani langsung berusaha memecah kebuntuan dengan sebuah tembakan dari luar kotak penalti setelah lima menit ia berada di lapangan. Namun, usahanya mudah saja diblokir pemain lawan.

Pada menit ke-77, Gue-Sung Cho yang mengupayakan gol untuk Korea, tetapi tendangan dia dari batas kotak penalti masih melebar beberapa inci dari tiang kanan gawang.

Empat menit berselang, Darwin Nunez meneruskan sebuah operan dari batas kotak penalti. Akan tetapi, tembakan melebar dari tiang kanan gawang sehingga cuma menghasilkan sepakan gawang untuk Taegeuk Warriors.

Di ujung waktu normal, Federico Valverde nyaris saja membukukan nama di papan skor andai tembakannya tidak berakhir woodwork! Skor 0-0 bertahan hingga laga rampung.

Susunan pemain

Uruguay (4-1-2-3)

Sergio Rochet; Martin Caceres, Diego Godin (kapten), Jose Maria Gimenez, Mathias Olivera; Matias Vecino; Federico Valverde, Rodrigo Bentancur; Facundo Pellistri, Luis Suarez, Darwin Nunez

Pelatih: Diego Alonso

Korea Selatan (4-2-3-1)

Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Kim Moon-hwan; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Na Sang-ho, Lee Jae-sung, Son Heung-min (kapten); Hwang Ui-jo

Pelatih: Paulo Bento (Portugal)