Sebagai Juara Eropa, Timnas Italia Seharusnya Lolos Otomatis ke Piala Dunia, Kata Mancini
Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini. (Foto: Twitter/@Azzurri)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, menilai timnya sudah sepatutnya lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, Gli Azzurri berstatus sebagai juara Eropa.

Timnas Italia melewatkan Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Makedonia Utara di babak semifinal playoff, Maret lalu. Ini kali kedua Italia melewatkan pesta akbar sepak bola empat tahunan itu.

Sebelumnya, mereka juga gagal menembus Piala Dunia 2018 Rusia. Dua tahun setelahnya, Leonardo Bonucci dan kawan kawan sukses menjuarai Euro 2020.

Sebagai juara Euro, Mancini menilai Azzurri tidak seharusnya melalui proses kualifikasi untuk Piala Dunia Qatar.

"Tidak hanya juara Eropa tapi juga juara di setiap benua," kata Mancini dalam wawancara dengan Corriere Della Sera. "Saya mengatakan ini untuk kebaikan sepak bola."

"Demikian juga, siapa yang meraih gelar di edisi sebelumnya harus selalu dilibatkan. Dulu seperti ini, dulu."

"Sepak bola tidak hanya membuat keputusan bagus untuk dirinya sendiri," lanjutnya.

Mancini sendiri akhirnya memutuskan bertahan dengan jabatannya. Dia ingin membalas dendam dengan membawa timnya lolos di Piala Dunia berikutnya.

"Saat ini kami tidak bisa melihat jauh ke depan, Piala Dunia 2026 masih jauh. Sekarang kami harus fokus pada Nations League Finals dan kualifikasi Euro," ujar mantan pelatih Inter Milan dan Lazio itu.

"Saya ingin tetap mengejar Piala Dunia, tetapi tidak ada yang pasti dalam sepak bola dan banyak hal masih bisa berubah. Kami ingin pergi ke Piala Dunia berikutnya dan mudah-mudahan memenangkannya," pungkasnya.