Sah! Sandy Walsh dan Jordi Amat Jadi WNI
Sandy Walsh (kiri) dan Jordi Amat resmi menjadi WNI setelah mengucapkan sumpah. (Foto: Instagram.com/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Proses pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh selesai digelar pada Kamis, 17 November di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta di Jalan MT Haryono, Cawang. Acara ini berlangsung mulai pukul 13.00 WIB dan berjalan lancar.

Semangat dan tekad Jordy Amat dan Sandy Walsh untuk menjadi WNI nampaknya begitu menggebu. Terlihat saat keduanya ternyata begitu fasih menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjelang pembacaan sumpah.

Jordi Amat dan Sandy Walsh tampil dengan setelan jas lengkap dengan menggunakan peci warna hitam. Dalam proses pengambilan sumpah WNI, Sandy dan Jordy menjalani dua proses utama yaitu pengucapan sumpah yang dilanjutkan dengan penandatanganan berkas.

Sebelum proses utama berlangsung, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada momen ini, Sandy dan Jordi terlihat fasih menyanyikan lirik dan penuh penjiwaan dengan raut wajah sumringah.

Momen Sandy dan Jordi saat menyanyikan lagu Indonesia Raya itu mendapat perhatian dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, Ibnu Chuldun. Saat memberi sambutan dan selamat, ia mengapresiasi tindakan Sandy dan Jordi.

“Selamat saya ucapkan, sekarang kalian punya kewarganegaraan sebagai WNI. Sebelum sumpah tadi di awal kalian (Sandy dan Jordi) saya lihat hafal dan sudah fasih menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semoga itu menjadi bentuk awal rasa cinta kepada Tanah Air, Indonesia ya,” kata Ibnu Chuldun.

“Semoga kehadiran kalian dan status sebagai WNI bisa membuka jalan untuk kalian berprestasi khususnya di bidang olahraga sepak bola untuk membawa nama baik Indonesia,” harap Kepala Kanwil yang disambut senyum kedua pemain naturalisasi itu.

Sebelum menjalani proses pengambilan sumpah WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat telah mendapat Surat Keputusan Presiden RI (Keppres) yang telah ditandatangani oleh Joko Widodo. Keppres atas nama Sandy bernomor lima (5) sedangkan Jordi dengan nomor enam (6).

Setelah resmi menyandang status sebagai WNI per tanggal 17 November, Sandy Walsh dan Jordi Amat diharapkan bisa menjadi pilihan Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang berlangsung bulan Desember mendatang.