Jokowi Ingin Gelar Olimpiade 2036 di IKN, Ini Tanggapan Presiden IOC
Presiden IOC, Thomas Bach. (Foto: Twitter/@iocmedia)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengutarakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Jokowi bakal menjadikan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai venue pertandingan.

Pernyataan ini mendapat sambutan hangat dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach. Dia menyatakan pesan Jokowi sejalan dengan filosofi baru IOC.

Bach menyebut, pihaknya ingin menegaskan pentingnya kontribusi olahraga dan Olimpiade terhadap persatuan.

"Terima kasih banyak. Saya cuma bisa menyambut baik kesiapan Indonesia. Sebab ini sejalan dengan filosofi baru IOC, yang di masa depan pertama-tama ingin menekankan apa yang disampaikan Presiden Jokowi tentang seberapa penting Olimpiade dapat berkontribusi terhadap persatuan," kata Bach, seperti dilansir dari Antara, Rabu, 16 November 2022.

Bach kemudian memuji Indonesia sebagai contoh penting harmoni dan keberagaman yang sejalan dengan salah satu tujuan jangka panjang IOC yakni Unity in Diversity.

"Indonesia adalah contoh nyata bahwa dengan keberagaman budaya yang ada, harmoni bisa tercipta di antara keberagaman budaya, agama/kepercayaan, maupun ideologi politik yang hidup berdampingan. Ini adalah contoh cemerlang atas semangat Olimpiade," tuturnya.

"Oleh karena itu, apabila Olimpiade digelar di Indonesia, akan menjadi ajang menyuarakan pesan Unity in Diversity, toleransi, dan persaudaraan, yang sekali lagi senada dengan motto Olimpiade dan KTT G20 ini tentang kebersamaan," sambung Bach.

Bach lantas mengomentari pemilihan IKN sebagai yang akan diajukan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2036. Menurutnya, pemilihan IKN mempunyai pesan lain dalam upaya mengolahragakan masyarakat.

"Olimpiade ini mungkin akan diselenggarakan di sebuah kota yang berkelanjutan dan menjadi percontohan untuk kehidupan berkelanjutan dan sehat, di Nusantara, yang menekankan pentingnya kesehatan dan aktivitas fisik," katanya.

"Jadi ini proyek yang sangat menarik yang saya sambut hangat, dan kami dari IOC menawarkan kerja sama untuk membantu pengembangan proyek ini lebih jauh agar kita bisa bersama-sama menciptakan proyek Olimpiade yang terbaik bagi Indonesia dan masyarakat internasional," ujar Bach.

Meski demikian, Bach tentunya tak bisa memberikan langsung menjatuhkan pilihan kepada Indonesia. Ada mekanisme yang harus dilewati dalam penentuan tuan rumah Olimpiade.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Mesir juga kabarnya siap menjadi pesaing.