Bagikan:

JAKARTA – Indonesia mendapat tawaran dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito di sela-sela kegiatannya di Discovery Kartika Plaza Hotel, Badung, Bali, pada Selasa, 1 Oktober 2024, siang WIB.

Tawaran itu disampaikan oleh Presiden IOC, Thomas Bach, ketika melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto di Olimpiade Paris 2024.

Dito mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut mereka membahas kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah ajang penting empat tahunan itu.

"Kemudian dari Presiden IOC menawarkan (Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade) 2036," ujar Dito seperti dikutip dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Dalam diskusi tersebut, kedua tokoh itu juga membahas peluang Jakarta dan Bali untuk menjadi tempat penyelenggaraan ajang multicabang paling bergengsi di dunia itu.

Dito mengungkapkan bahwa masih perlu ada pembahasan atau kajian yang mendalam sebelum kedua daerah itu dipastikan menjadi lokasi penyelenggaraan jika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah.

"Ini adalah prosesnya harus dianalisis lebih dalam. Kami harus menganalisis keberlanjutannya dan efektivitasnya. Semangatnya adalah bagaimana ke depan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade," ujar dia.

Olimpiade selanjutnya akan berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 2028. Setelah itu masih ada Olimpiade 2032 di Brisbane, Australia.