Bagikan:

JAKARTA – Petinju kelas berat Inggris, Tyson Fury, berjanji akan membuat Oleksandr Usyk kalah knockout (KO) dalam pertarungan ulang mereka pada pengujung tahun ini.

Kedua petarung itu sebelumnya bersua untuk merebut status juara dunia kelas berat tidak terbantahkan pada Mei 2024 dan rencananya akan kembali naik ring untuk duel ulang pada 21 Desember 2024.

Fury, mantan juara kelas berat WBC, yang kalah melalui keputusan terbelah (split decision) percaya diri tidak akan kalah dalam bentrok ulang mereka.

"Saya tidak mengira dia akan mengalahkan saya (dalam pertarungan saya yang) terakhir kali. Saya yakin tidak akan membiarkan dia mengalahkan saya di duel ulang," ujar Fury seperti dilansir dari Boxing Scene.

Tumbang melawan Usyk merupakan noda kekalahan pertama dalam karier cemerlang Fury. Sebelum itu, dia menjalani 35 pertarungan dengan catatan 34 kemenangan dan hanya satu hasil imbang.

Selama periode itu, dia tercatat menang KO sebanyak 24 kali atas lawan-lawannya, termasuk KO mengesankan atas petarung asal Amerika Serikat, Deontay Wilder, dalam bentrok ulang mereka pada Oktober 2021.

Fury mengatakan bahwa dalam bentrok kedua melawan Usyk dirinya akan jauh lebih siap. Ia pun memiliki rencana mempermalukan jagoan Ukraina itu seperti saat mengalahkan Wilder.

"Saya akan melakukannya seperti yang saya lakukan (di pertarungan kedua melawan Deontay Wilder pada 2021). Itulah yang akan saya lakukan. Saya bilang saya akan mengalahkan (Wilder) dan saya melakukannya," ujar dia.

Kekalahan melawan Usyk membuat pertarungan antara Fury melawan rekan senegaranya Anthony Joshua yang telah lama direncanakan harus mengalami kemunduran.

Joshua kemudian memperburuk keadaan pada tanggal 21 September 2024 setelah dia kalah KO pada ronde kelima melawan Daniel Dubois, yang merupakan kekalahan keempat dalam kariernya.