12 Hari Menuju Piala Dunia 2022: Dani Alves dan Thiago Silva Masuk Skuad Timnas Brasil, Firmino Terlempar
Timnas Brasil. (Foto: Lucas Figueiredo / CBF)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Brasil telah merilis skuad mereka untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain depan Liverpool, Roberto Firmino, tidak masuk dalam daftar yang dipanggil.

Pemilik lima gelar itu mengumumkan nama-nama yang akan berangkat ke Qatar pada Senin, 7 November malam WIB. Firmino dipastikan absen meskipun mencetak enam gol dalam 12 laga musim ini.

Sementara itu, striker Gabriel Jesus dipanggil kembali setelah dikeluarkan dari pertandingan persahabatan September. Namun, tidak ada tempat untuk rekan setimnya di Arsenal, yakni Gabriel.

Total ada 12 pemain Liga Premier dalam skuad asuhan Tite tersebut. Termasuk Alisson (Liverpool) dan Ederson (Manchester City) yang akan memperebutkan tempat penjaga gawang utama.

Menariknya, pelatih timnas Brasil, Tite, juga memanggil pemain senior, Dani Alves. Mantan bek kanan Barcelona berusia 39 tahun tersebut kini bermain untuk klub Meksiko Pumas UNAM.

Bek senior lainnya, Thiago Silva, juga masuk dalam daftar.

Sementara itu, pilihan penyerang menyertakan Antony dari Manchester dan Richarlison dari Tottenham Hotspur. Keduanya bergabung dengan bintang Paris St-Germain Neymar, duo Real Madrid Rodrygo dan Vinicius Jr, ditambah pemain Barcelona Raphinha serta striker Flamengo Pedro.

Brasil akan memulai kampanye mereka melawan Serbia pada 24 November. Pertandingan mereka diikuti dengan pertandingan melawan Swiss dan Kamerun di Grup G.

Tim Samba sejauh ini telah memenangkan lima gelar dalam sejarah Piala Dunia. Kemenangan terakhir mereka terjadi pada 2002 di Korea-Jepang. Adapun di tahun 2018 lalu mereka pulang di di perempat final usai takluk 1-2 dari Belgia.

Berikut ini adalah daftar skuad timnas Brasil di Piala Dunia 2022:

Penjaga Gawang: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras)

Bek: Dani Alves (UNAM), Danilo (Juventus), Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Bremer (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea)

Gelandang: Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Bruno Guimaraes (Newcastle), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham)

Penyerang: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Rodrygo (Real Madrid), Richarlison (Tottenham Hotspur), Vinicius Jr ( Real Madrid)