Buntut Kartu Merah Saat Tottenham Vs Sporting, Antonio Conte Tak Bisa Dampingi Tim di Laga Penentuan
Manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte. (Foto: Twitter @SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte, dilarang mendampingi timnya di pinggir lapangan di laga terakhir penyisihan grup Liga Champions 2022/2023 melawan Olympique Marseille, pekan depan.

Ini buntut dari kartu merah yang diterima pria asal Italia itu jelang berakhirnya laga imbang 1-1 antara Tottenham lawan Sporting Lisbon, Kamis, 27 Oktober dini hari WIB.

Conte diusir dari lapangan karena protes kerasnya atas keputusan wasit menganulir gol Harry Kane di menit tambahan waktu setelah intervensi video assistant referee (VAR).

Kartu merah yang diberikan wasit Danny Makkelie otomatis membuat Conte mendapat skorsing satu laga. Manajer berusia 53 tahun itu tidak cuma absen dari pinggir lapangan di Marseille nanti, tetapi juga dilarang berkomunikasi dengan pemain sebelum atau selama laga.

Di Stade Velodrome nanti, Conte harus duduk di tribun selama pertandingan berlangsung.  Hukuman yang diterima Conte ini merujuk pada pasal 69 peraturan disiplin UEFA.

“Manajer tim/pelatih atau ofisial tim lainnya yang dikeluarkan atau diskors saat menjalankan tugasnya tidak boleh berada di area teknis atau berkomunikasi memberikan arahan dengan para pemain tim," bunyi pasal tersebut.

“Selain itu, seorang manajer tim/pelatih atau ofisial tim lainnya yang diskors ketika menjalankan tugasnya tidak boleh memasuki ruang ganti atau terowongan sebelum atau selama pertandingan," lanjut bunyi pasal tersebut.

Hukuman untuk Conte bisa bertambah karena ia terlihat masih marah ketika berbicara dalam konferensi pers pasca-pertandingan itu. Ia bahkan menuding VAR tidak jujur dan cuma menciptakan "kerusakan besar".

Conte mengatakan bahwa VAR sudah pasti tidak menganulir gol Kane seandainya gol itu dicetak oleh tim papan atas dan terjadi dalam pertandingan penting.

Ini jelas menjadi pukulan sebab pertandingan melawan Marseille merupakan laga penentuan. Spurs membutuhkan minimal hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar.

Saat ini empat tim di Grup D masih memiliki kesempatan yang sama untuk lolos ke babak berikutnya. Spurs memimpin klasemen dengan delapan poin, hanya unggul satu poin dari Sporting dan Eintracht Frankfurt serta dua poin dari Marseille.