Moto3 Australia: Mario Aji Buta dengan Sirkuit Philipp Island
Pebalap Honda Team Asia asal Indonesia, Mario Aji. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Balapan Moto3 2022 dilanjutkan di Sirkuit Phillip Island, Australia, 14-16 Oktober 2022. Bagi pebalap Indonesia, Mario Aji, ini merupakan pengalaman perdana menjajal sirkuit ini.

Pebalap Honda Team Asia itu mengakui, buta dengan karakter Sirkuit Phillip Island. Namun, dia menyebut, sebagian besar pebalap juga menghadapi masalah yang sama.

"Say tak mengetahui Phillip Island, seperti juga banyak pebalap lain dalam kategori ini, karena belum pernah balapan di sini sejak 2019," kata Mario Aji dalam keterangan tertulis.

"Ini seharusnya menjadi keuntungan, karena akan ada banyak dari kami yang memulai dengan pengalaman yang sama," lanjutnya.

Pebalap asal Magetan ini menyebut, balapan nanti akan tergantung pada kemampuan para pebalap untuk beradaptasi dengan trek dan juga kondisi cuaca. Menurutnya, hal itu biasanya sangat sulit dilakukan.

"Bagaimanapun, saya senang berada di sini dan bisa balapan di panggung yang indah ini," ujar Mario Aji.

Sementara itu, Manajer Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, menggambarkan Sirkuit Phillip Island sebagai trek yang memiliki karakter cepat, bahkan ada beberapa tikungan berkecepatan tinggi.

Tata letak sirkuit juga sangat menantan dan sering kali berangin.

"Pebalap kami tak memiliki banyak pengalaman di trek ini. Itu berarti kami sudah menantikan akhir pekan yang sulit," ujar Aoyama.

"Namun, inilah situasinya. Kita lihat bagaimana cuacanya. Jika stabil, itu akan membantu kami," lanjutnya.