Presiden FIFA Hadiahi Presiden Turki Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar
Presiden FIFA Gianni Infantino memperkenalkan bola resmi Piala Dunia 2022 kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (FOTO/INSTAGRAM @tcbestepe)

Bagikan:

JAKARTA — Presiden FIFA Gianni Infantino memperkenalkan bola resmi Piala Dunia 2022 kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa di New York.

Infantino memberikan bola tersebut kepada Erdogan dalam resepsi di Turkevi Center, Manhattan, Amerika Serikat, usai pidato pemimpin Turki itu di Majelis Umum PBB.

Di bola tersebut tertera nama 'Recep Tayyip Erdogan', yang menurut Infantino "unik". Itu adalah satu-satunya bola yang diproduksi dengan nama sang presiden di atasnya.

Erdogan kemudian menyundul bola tersebut tak lama setelah presentasi. Pemimpin berusia 68 tahun itu lalu mengatakan bahwa dia akan mengunjungi Qatar untuk menonton ajang empat tahunan tersebut.

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung dari 20 November sampai 18 Desember nanti. Berbagai persiapan pun terus dilakukan menyambut jadwal kick off yang semakin dekat.

Melansir situs FIFA, pihak panitia penyelenggara sebelumnya sudah memperkenalkan maskot sekaligus bola resmi yang akan digunakan. Untuk edisi kali ini maskot resmi diberi nama La'eeb.

Maskot ini berbentuk seperti penutup kepala orang-orang timur tengah. Menurut situs resmi FIFA, La'eeb dalam bahasa Arab berarti pemain dengan kemampuan super.

La'eeb sendiri menurut FIFA adalah benda yang tidak bisa dijelaskan sehingga para fans sepak bola bisa menginterpretasikan sesuai keinginan mereka.

La'eeb digambar mengenalkan semangat bermain, menyebarkan kegembiraan dan kepercayaan diri. Karakter ini diharapkan bisa membakar semangat pemain dan sukacita fans.

Sementara itu, bola resmi ajang paling bergengsi itu diberi nama Al Rihla. Ini adalah bola ke-14 berturut-turut yang dibuat Adidas untuk turnamen terakbar di dunia itu.

Rihla merupakan kata dari Bahasa Arab yang berarti perjalanan. Makna kata tersebut mempresentasikan perjalanan Piala Dunia bersama Al Rihla di seluruh dunia.

Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy, menyebut bola Al Rihla merupakan bola pertandingan resmi yang menakjubkan, ramah lingkungan dan berkualitas tinggi dari Adidas.