Piala Dunia 2022 Tetap Diminati Meski Terus Diterpa Kritik, Klaim Ini Jadi Bukti FIFA
Penonton Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia 2022 Qatar resmi dibuka pada Minggu, 20 November 2022. Badai kritik tak menghalangi Qatar menggelar pesta akbar sepak bola empat tahunan tersebut.

Bahkan, Piala Dunia 2022 diklaim tetap diminati. Ini terbukti dari jumlah tiket yang telah terjual.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengklaim hampir tiga juta tiket Piala Dunia telah terjual. Juru bicara FIFA mengatakan, 29,5 juta tiket terjual hingga hari pembukaan pada Minggu.

Antrean menumpuk di luar pusat tiket FIFA di Doha. Suporter kabarnya sampai menunggu lama untuk bisa masuk platform tiket online resmi, seperti dilansir Antara via AFP, Senin, 21 November.

Dengan angka ini Qatar telah melampaui pencapaian Rusia saat menggelar Piala Dunia 2018 yang saat itu sukses menjual 2,4 juta tiket.

Sang juru bicara mengatakan Qatar, Arab Saudi, Amerika Serikat, Meksiko, Inggris, Uni Emirat Arab, Argentina, Prancis, India, dan Brasil adalah pasar teratas.

Presiden FIFA Gianni Infantino sudah mengatakan sebelumnya, pendapatan empat tahun FIFA diperkirakan mencapai 7,5 miliar dolar AS sampai akhir tahun ini.

Jumlah ini 1 miliar dolar AS lebih tinggi dari yang perkiraan empat tahun lalu.

Infantino mengatakan kepada 211 asosiasi sepak bola nasional bahwa "angka luar biasa" itu tercipta sekalipun diselimuti pandemi dan krisis di seluruh dunia.