Filosofi Maskot Piala Dunia Qatar "La'eeb" dan Mengenal Bola yang digunakan
Maskot Piala Dunia Qatar 2022 (fifa.com)

Bagikan:

YOGYAKATA - Pertandingan Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar mulai dibuka pada Minggu kemarin. FIFA World Cup 2022 yang digelar di Qatar menarik perhatian tersendiri bagi pecinta sepak bola di seluruh dunia. Salah satunya adalah maskot ikonik yang diberi nama La’eeb.

Maskot piala dunia Qatar sudah diresmikan sejak 1 April 2022 oleh The Federation Internationale de Football Association (FIFA). La’eeb menjadi maskot Piala Dunia yang unik karena berbeda dari konsep maskot-maskot pada piala dunia sebelumnya. Maskot dari Qatar kali ini tidak diambil dari tema hewan.

Profil Maskot Piala Dunia Qatar

Maskot Piala Dunia Qatar yang dinamai La’eeb mengusung tema baru buka hewan. La’eeb memiliki tampilan berwarna putih dan melayang-layang dengan ekspresi yang riang. FIFA menyerahkan representasi dari La’eeb kepada publik. 

“La’eeb adalah kosakata bahasa Arab yang berarti seseorang yang berkemampuan tinggi. Dia berasal dari dunia paralel maskot yang tidak bisa dijelaskan. Semua orang boleh menginterpretasikan seperti apa kelihatannya,” pernyataan dari FIFA.

Secara visual, La’eeb berbentuk seperti penutup kepala atau Kuffiyah yang biasa dipakai oleh masyarakat Timur Tengah sehari-hari. Karakter La’eeb disimbolkan sebagai ikon yang penuh semangat, kepercayaan diri, keberanian, dan berjiwa petualang. 

“La’eeb akan dikenal sebagai jiwa yang penuh semangat, menyebarkan kebahagiaan dan kepercayaan diri kemanapun ia pergi. La’eeb datang dari dunia paralel tempat semua maskot hidup. Itu adalah dunia tempat ide dan kreativitas dari setiap karakter yang hidup di setiap pikiran semua orang,” kata FIFA. 

Arti Nama La’eeb Maskot Piala Dunia Qatar

FIFA mengungkapkan arti nama La’eeb berasal dari bahasa Arab yang bermakna pemain super terampil. Sementara itu jenis kelamin maskot ini tidak diungkapkan secara eksplisit. Namun FIFA memakai kata ganti pria untuk menggambarkannya. 

Maskor Piala Dunia Qatar sudah tersebar di berbagai media sosial atau platform digital. Ikon La’eeb dapat diunduh dalam bentuk GIF dan stiker di berbagai platform digital, seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lainnya. 

Bola Piala Dunia Qatar

Bola piala dunia Qatar juga menjadi perhatian publik, selain maskot bernama La’eeb. Bola resmi FIFA World Qatar 2022 diberi nama Al Rihla. Al Rihla yang menjadi bola ke-14 yang dibuat oleh Adidas untuk ajang turnamen besar dunia. 

Arti nama Bola Al Rihla berasal dari bahasa Arab ‘Rihla’ yang bermakna perjalanan. Kata tersebut merepresentasikan perjalanan Piala Dunia bersama Al Rihla di seluruh dunia. 

Bola ini dibuat secara eksklusif untuk pertama kalinya di Piala Dunia karena menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air. Jean-Francois Pathy, Direktur Pemasaran FIFA, mengatakan bola Al Rihla bersifat ramah lingkungan dan dibuat oleh Adidas dengan kualitas tinggi. 

Itulah makna maskot Piala Dunia Qatar 2022 yang diberi nama La’eeb. La’eeb menjadi maskot yang unik karena menjadi pertama kalinya Piala Dunia menggunakan maskot tidak bertema hewan. Selain itu bola Al Rihla yang digunakan untuk turnamen ini juga berkualitas dan ramah lingkungan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.