Berkenalan dengan La'eeb Si Maskot Piala Dunia Qatar 2022 yang Bentuknya Seperti Penutup Kepala Orang Timur Tengah
Maskot piala dunia qatar 2022 (fifa.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Badan sepak bola dunia FIFA telah memperkenalkan maskot Piala Dunia Qatar 2022. Dari keterangan yang beredar, maskot kali ini bernama adalah La'eeb. Tim VOI akan memberikan rangkuman terkait La’eeb si Maskot Piala Dunia Qatar 2022.

La'eeb si Maskot Piala Dunia Qatar 2022

Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mulai memberikan suguhan yang tak biasa, salah satunya lewat maskot dan lagu resmi untuk mengiringi Piala Dunia 2022.

Maskot Pala Dunia Qatar saat ini sudah diperkenalkan ke masyarakat umum pada 1 April 2022 di Doha, Qatar. Perkenalan dilakukan dengan cara yang menarik yakni dengan video animasi yang kemudian dibagikan pula oleh FIFA ke media sosial.

Maskot dikenalkan lewat video berdurasi 4 menit 23 detik. Dalam video diperkenalkan pula asal usul terciptanya maskot kali ini.

Harapan untuk La’eeb

Jika dilihat sekilas, bentuk La’eeb seperti ghutra, penutup kepala yang kerap digunakan oleh masyarakat Timur Tengah. Hal tersebut wajar terjadi mengingat kompetisi sepak bola paling bergengsi tersebut digelar di wilayah Timur Tengah.

"La'eeb adalah karakter yang menyenangkan dan nakal yang berasal dari ruang virtual maskot, dunia paralel di mana semua maskot turnamen hidup," tulis FIFA.

"La'eeb bisa hadir dari imajinasimu. Dia bisa menjadi siapa pun sesuai dengan imajinasi pencinta sepak bola," sambungnya.

La'eeb juga bisa menyimbolkan perasaan berani, semangat yang besar, menyenangkan, nakal, muda, dan jiwa petualang, hingga rasa ingin tahu yang besar.

Memaknai Bentuk La’eeb

Situs resmi FIFA  menjelaskan bahwa La'eeb dalam bahasa Arab artinya adalah pemain berkemampuan super. FIFA sendiri tak mau menjelaskan bentuk La’eeb, mereka ingin agar para penggemar sepak bola mampu menginterpretasikan La’eeb seperti yang mereka inginkan. Yang jelas karakter ini diharapkan mampu membakar semangat pemain dan menumbuhkan kebahagiaan para penggemar sepak bola.

Wakil Direktur Jenderal, Deputy Director General, Marketing, Communications and Tournament Experience, Supreme Committee for Delivery & Legacy, Khalid Ali Al Mawlawi adalah sosok yang pertama kali mengenalkan La'eeb kepada dunia. Ia berharap agar dunia menyukai maskot La’eeb.

"Kami senang untuk memperkenalkan La'eeb sebagai maskot resmi untuk Piala Dunia FIFA pertama di Timur Tengah dan dunia Arab. Dia berasal dari tempat yang tak tergambarkan. Kami mendorong semua orang untuk membayangkan seperti apa bentuknya,” kata Khalid Ali Al Mawlawi.

Keterlibatan La’eeb di Piala Dunia

Yang menarik lagi dari sosok La’eeb adalah klaim kehadirannya dalam setiap edisi Piala Dunia. Hal tersebut dikatakan dalam video perkenalannya. La'eeb juga mengaku punya kontribusi di setiap momen di turnamen yang digelar empat tahunan ini.

Bahkan, La’eeb mengklaim pernah membantu legenda sepak bola Maradona untuk mencetak gol. Ia membantu sang legenda dengan tangannya hingga mampu menjebol gawang Inggris saat momen Piala Dunia 1986.

Tak hanya itu, La’eeb juga pernah membantu Robin van Persie saat melakukan sundulan bola ketika menghadapi tim Spanyol di Piala Dunia 2014.

Meski pihak penyelenggara meminta agar penggemar sepak bola membayangkan La’eeb sesuka mereka, FIFA justru menggunakan kata ganti pria untuk sosok maskot tersebut. Meski hal itu tak dijelaskan secara gamblang, La’eeb punya misi untuk membawa suasana positif lewat motto "Now is All".

Selain terkait maskot piala dunia qatar 2022, dapatkan informasi menarik lain dengan mengunjungi VOI.ID.