Jelang Piala Dunia 2022, Dua Panda Raksasa China Tiba di Qatar: Diberi Nama Arab, Dibuatkan Tiruan Hutan Lebat Pegunungan Sichuan
Panda China di Qatar. (Twitter/@PeninsulaQatar)

Bagikan:

JAKARTA - Dua panda raksasa yang dikirim ke Qatar sebagai hadiah dari China jelang Piala Dunia telah tiba di negara Teluk itu.

Panda-panda itu akan ditempatkan di kandang yang dirancang untuk meniru hutan lebat di provinsi pegunungan Sichuan, China, tempat mereka tinggal.

Delapan ratus kilogram bambu segar akan diterbangkan setiap minggu untuk memberi makan mereka.

Menariknya, panda-panda ini diberi nama Arab baru terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke Qatar.

Panda jantan seberat 130 kilogram yang sebelumnya bernama Jing Jing, kini memiliki nama Suhail. Sementara betina Si Hai yang memiliki berat 70 kilogram, diberi nama Soraya.

Mereka akan menjalani 21 hari karantina dengan dua penjaga setelah kedatangan mereka, kata direktur zoologi Al Khor, Tim Bouts.

panda china di qatar
Panda China di Qatar. (Twitter/@pandas_fr)

"Dalam beberapa minggu, atau dalam waktu satu bulan, mereka akan siap untuk ditampilkan kepada dunia," katanya, melansir The National News 20 Oktober.

Pihak berwenang belum mengatakan apakah Rumah Panda baru akan siap pada saat Piala Dunia dimulai.

Qatar mengharapkan 1,2 juta pengunjung untuk Piala Dunia FIFA selama sebulan yang dimulai pada 20 November. Negara Teluk yang kaya akan gas itu akan merupakan negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah acara olahraga terbesar di dunia tersebut.

"Ada banyak pemikiran yang masuk ke gedung ini untuk menjadikannya, menurut saya, gedung terbaik untuk panda di dunia," terang Bouts.

Panda adalah salah satu spesies paling terancam di dunia, jarang berkembang biak di alam liar. Mereka mengandalkan makanan bambu di pegunungan China barat.

Diketahui, diperkirakan 1.800 panda hidup di alam liar. Sementara 500 lainnya berada di kebun binatang atau cagar alam, sebagian besar di Sichuan.

Mereka adalah maskot nasional tidak resmi Cina, yang telah menghadiahkan panda ke 20 negara.

Duta Besar China untuk Qatar, Zhou Jian, mengatakan, kedua panda "akan hidup bahagia di sini dan membawa lebih banyak kebahagiaan, kegembiraan dan cinta kepada orang-orang Qatar dan dunia".