Ancelotti Masuk Daftar Pelatih yang Memenangi 100 Laga di Liga Champions Eropa
Carlo Ancelotti (Twitter @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti kini masuk dalam daftar pelatih yang bisa memenangkan 100 pertandingan di Liga Champions Eropa.

Juru taktik asal Italia itu memimpin timnya mendapat kemenangan kedua di babak penyisihan Grup F dengan menekuk RB Leipzig 2-0 di Santiago Bernabeu pada Kamis, 15 September dini hari WIB.

Los Blancos menang melalui dua gol telat yang masing-masing dicetak oleh Fede Valverde (80') dan Marco Asensio (90+1').

Hasil ini menjadi kemenangan ke-100 Ancelotti di sejarah kompetisi (tidak termasuk kemenangan yang diberikan di musim 2004/2005). Ancelotti sekarang terpaut dua kemenangan dari Sir Alex Ferguson sebagai pelatih dengan jumlah kemenangan terbanyak.

Satu kemenangan yang diberikan ke Ancelotti itu terjadi pada perempat final Liga Champions musim 2004/2005 saat AC Milan versus Inter Milan.

Ketika itu Milan menang 2-0 atas rival sekota mereka di pertandingan leg pertama dan sudah unggul 1-0 di leg kedua. Namun, suar yang dilempar suporter ke lapangan mengenai kiper Milan, Nelson Dida.

Kejadian itu membuat induk sepak bola Eropa (UEFA) memberikan kemenangan 3-0 bagi Rossoneri (agregat 5-0). Selain itu, UEFA juga menghukum Inter bermain empat laga tanpa penonton di musim berikutnya.

Alex Ferguson yang sudah pensiun membuat Ancelotti punya kans besar melewati catatannya. Terlebih Los Blancos sebagai juara bertahan masih diunggulkan bisa maju ke babak gugur.

Adapun di tempat ketiga Pep Guardiola menyusul kedua nama tersebut dengan 95 kemenangan dari 150 laga. Pelatih asal Spanyol itu mengukir kemenangan terbaru setelah membawa Manchester City menang atas Borussia Dortmund.