Mantan Petinju Amir Khan Pernah Jadi Korban Investasi Bodong, Kena Masalah Mental dan Bangkit Lagi Berkat Istri
Mantan petinju, Amir Khan. (Foto: Instagram @amirkingkhan)

Bagikan:

JAKARTA – Mantan petinju Inggris Amir Khan ternyata pernah menjadi korban investasi bodong senilai lima juta poundsterling atau setara Rp86 miliar.

Mantan atlet berusia 35 tahun itu adalah salah satu bintang olahraga terbesar Inggris di tahun 1990-an dan awal 2010-an. Dalam periode itu, ia mencatatkan diri menjadi juara kelas welter ringan.

Kesuksesan tersebut membuat ia menjadi pusat perhatian. Berbagai sponsor dan pertarungan yang ia jalani sukses mengumpulkan uang dalam jumlah besar.

Akan tetapi, pria kelahiran Bolton itu membuat pengakuan terkait kecerobohan yang ia lakukan pada tahun 2016 lalu. Itu dia lakukan saat cedera setelah masa kejayaannya.

"Kesehatan mental adalah hal yang sangat besar dan ada baiknya orang mulai membicarakannya, karena masalah kesehatan mental telah terjadi pada yang terbaik dari kita, seperti Tyson Fury dan petarung lainnya," kata dia, dilansir Daily Star.

"Saya menghadapi masalah [kesehatan mental] yang sangat serius. Kembali pada tahun 2016, saya terpuruk bersama istri saya. Saya tidak bertinju. Dua tahun di luar ring menambah berat badan, dan tidak senang dengan diri saya sendiri," ia melanjutkan.

Khan kemudian menjalani operasi tangan dan saya kembali berlatih. Namun, ia kadang merasa masih sakit sehingga kembali menjalani operasi berikutnya.

Total ia menjalani tiga operasi untuk bisa pulih dari cedera. Ia bahkan sempat berpikir bahwa dirinya tidak akan pernah bertarung lagi.

"Itu membuat saya terpuruk, mengetahui bahwa saya berada di puncak karir saya, tetapi saya tidak bisa bertarung. Pada saat itu, saya mengikuti beberapa investasi bodong yang tidak membayar saya kembali. Saya berpikir, bagaimana saya akan menjalani hidup saya?" ujar dia.

Beruntung istrinya Faryal Makhdoom berhasil memulihkan keuangan mereka. Ia menjadi tokoh kunci mencegah kesalahan pengelolaan keuangan serupa dalam usaha bisnis setelah mendirikan bar shisha, restoran, dan kedai kopi.

"Saya kehilangan 5 juta pound melalui investasi yang berbeda, yang pada saat yang sama dengan operasi tangan saya, sehingga Anda dapat membayangkan masalah saya. Saya kehilangan banyak uang dan saya tidak bisa bertinju karena tangan saya," kata dia.

Saat ini Khan diperkirakan memiliki kekayaan bernilai sekitar 34 juta poundsterling. Lima juta poundsterling dari jumlah itu berasal dari kekalahannya dengan rival sengitnya Kell Brook pada awal tahun ini.