Carlo Ancelotti Lampaui Rekor Sir Alex Ferguson di Liga Champions, tapi Masih Berbau Kontroversi
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti. (Foto: Twitter @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA - Bos Real Madrid Carlo Ancelotti berhasil menyalip Sir Alex Ferguson sebagai pelatih dengan kemenangan terbanyak di Liga Champions Eropa.

Rekor itu dibuat pria asal Italia itu ketika membawa timnya meraih kemenangan atas Celtic di laga terakhir penyisihan Grup F. Los Blancos menang 5-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis, 3 November dini hari WIB, 

Hasil ini membuat pelatih asal Italia itu resmi mengoleksi 103 kemenangan dalam kompetisi tersebut. Jumlah itu melampaui pelatih mana pun dalam sejarah turnamen antarklub paling bergengsi di Eropa itu.

Ancelotti secara resmi melewati Alex Ferguson yang mengoleksi 102 kemenangan. Namun, rekor ini masih meninggalkan kontroversi karena salah satu kemenangan Ancelotti 'dihadiahi' UEFA.

Itu terjadi ketika Ancelotti memimpin Milan menghadapi laga kontra Inter Milan di musim 2004/2005. Saat itu Milan ditunjuk sebagai pemenang setelah laga dihentikan karena para penggemar lawan melemparkan kembang api ke lapangan.

Jika kemenangan itu tidak dihitung, Ancelotti saat ini masih sejajar dengan Ferguson. Dia baru akan melewati catatan pelatih legendaris itu jika membukukan satu kemenangan di babak 16 besar nanti.

Sebelumnya Ancelotti sudah menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan Liga Champions Eropa sebanyak empat kali. Rinciannya dua kali bersama AC Milan pada 2002/03 dan 2006/07 dan kemudian bersama Real Madrid pada 2013/14 dan musim lalu.

Musim ini pelatih 63 tahun itu membawa Madrid lolos sebagai juara grup setelah mengoleksi empat kemenangan serta masing-masing satu kemenangan dan satu kekalahan. Mereka mengoleksi 13 poin, unggul satu poin dari Leipzig di posisi runner up.