Meski Menang Telak Lawan Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-Yong Punya Catatan Khusus Buat Anak Asuhannya
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) bersalaman dengan Pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy (kanan) (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Shin Tae-yong senang sekaligus bangga dengan kemenangan 4-0 timnas U-19 atas Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan itu tak lengah dan tetap punya catatan khusus.

“Ada beberapa catatan soal hal yang dilihat kurang tetapi bangga pemain bisa bekerja maksimal,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan usai pertandingan.

Timnas U-19 menjalani pertandingan pertama kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Pada pertemuan Rabu malam, tim asuhan Shin Tae-yong menunjukan penampilan apik.

Mampu menunjukkan dominasi sejak awal laga, Garuda Muda juga mampu meramaikan papan skor dengan catatan hat-trick dari Hokky Carakan. Selain itu, Rabbani Tasnim Siddiq juga ikut menggenapkan kemenangan dengan skor 4-0.

Meski sudah memuaskan, Shin Tae-yong tetap memperhatikan bagaimana anak-anak asuhnya tampil di lapangan. Salah satunya soal tiga gol Indonesia yang tercipta dari sundulan.

Hal ini menjadi perhatian sang pelatih menjelang laga selanjutnya melawan Hong Kong. Sebab, menurut Shin Tae-yong, kesempatan yang sama akan sulit terjadi di laga mendatang karena pemain lawan memiliki postur yang lebih tinggi.

Namun begitu, sang pelatih menekankan bahwa akan selalu ada situasi yang berubah dalam dunia sepak bola. Maka dari itu, ia akan berusaha mengarahkan anak asuhnya agar bisa mencetak gol ke gawang Hong Kong dari kaki, tentu dengan melalui latihan dan evaluasi lanjutan.

“Dan pemain pun harus mengikuti instruksi pelatih dengan baik baru ada hasil yang baik (untuk laga selanjutnya),” tambah sang pelatih.