Jadwal Liga Champions Eropa 2022/2023 Malam Ini: Ada Big Match PSG versus Juventus
Atatürk Olympic Stadium, tuan rumah final Liga Champions 2022/2023 Twitter @Championsleague)

Bagikan:

JAKARTA — Babak penyisihan grup Liga Champions Eropa musim 2022/2023 mulai bergulir Selasa, 6 September malam nanti. Bakal ada laga big match antara Paris Saint-Germain vs Juventus.

Les Parisien dan Juventus akan saling berhadapan pada matchday pertama Grup H di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu, 7 September pukul 02.00 dini hari WIB.

Kedua raksasa Eropa ini belum pernah saling berhadapan dalam pertandingan kompetitif sejak Si Nyonya Tua menang agregat 9-2 di Piala Super Eropa 1996.

Banyak yang berubah setelah itu, terutama di tubuh PSG yang diambil alih Qatar Sport Investments pada 2011. Sejak itu, raksasa Prancis ini menjelma menjadi salah satu pesaing di Eropa.

Meski demikian, titel Liga Champions Eropa belum pernah mereka cicipi. Mereka sejauh ini baru mencapai satu final di kompetisi itu pada tahun 2020, tetapi kalah 0-1 dari Bayern Munchen.

Kemudian perjalanan PSG musim lalu cuma mencapai babak 16 besar. Mereka tersingkir dari babak tersebut setelah kalah 2-3 Real Madrid dalam pertandingan dua leg.

Kegagalan mereka di Eropa itu membuat Mauricio Pochettino dipecat dari kursi pelatih. Les Parisien kemudian menunjuk Christophe Galtier sebagai suksesor pelatih Argentina itu.

Di bawah asuhan Galtier, PSG memperlihatkan diri menjadi salah satu favorit di Eropa musim ini setelah mencatat lima kemenangan dan satu hasil imbang dari enam laga yang sudah mereka lakoni di Ligue 1 Prancis.

Adapun di sisi lain, Juventus memulai musim ini dengan sederat hasil yang kurang memuaskan. Memetik dua kemenangan dan mendapat tiga hasil seri dari lima laga di Serie A Italia.

Kemudian di Liga Champions Eropa, mereka belum pernah lolos ke perempat final lagi sejak kalah di final dari Barcelona dan Real Madrid masing-masing pada 2015 dan 2017. Setelah itu, mereka kalah dari Lyon, Benfica dan Villarreal di babak 16 pada tiga musim terakhir.

Sama seperti Liga Champions edisi sebelum-sebelumnya. Tahun ini kompetisi kasta tertinggi antar klub Eropa itu tetap diikuti 32 tim terbaik yang dibagi ke dalam delapan grup.

Masing-masing grup berisi empat tim yang bakal melakoni laga tandang-kandang. Dengan demikian, masing-masing tim otomatis harus menjalani empat pertandingan untuk mencari dua tim terbaik yang lolos ke babak gugur.

Berikut Jadwal Lengkap Liga Champions:

Selasa, 6 September

Dinamo Zagreb vs Chelsea (Grup E)

Stadion Maksimir, pkl 23.45 WIB.

Borussia Dortmund vs Copenhagen (Grup G)

Stadion Signal Iduna Park, pkl 23.45 WIB

Rabu, 7 September

Benfica vs Maccabi Haifa (Grup H)

Stadion Da Luz, pkl 02.00 WIB

Sevilla vs Manchester City (Grup G)

Stadion Sanchez Pizjuan, pkl 02.00 WIB

RB Salzburg vs AC Milan (Grup E)

Stadion Red Bull Arena, pkl 02.00 WIB

Celtic vs Real Madrid (Grup F)

Stadion Celtic Park, pkl 02.00 WIB

Leipzig vs Shakhtar Donetsk (Grup F)

Stadion Red Bull Arena Leipzig, pkl 02.00 WIB

PSG vs Juventus (Grup H)

Stadion Parc des Princes, pkl 02.00 WIB