Hasil <i>Drawing</i> 16 Besar Liga Champions: PSG Vs Real Madrid, Inter Vs Liverpool
Lionel Messi (Instagram @psg)

Bagikan:

JAKARTA - Drawing babak 16 besar Liga Champions rampung dilaksanakan di markas UEFA, Swiss pada Senin, 13 Desember.

Hasilnya, tersaji beberapa laga panas di mana yang paling seru akan mempertemukan Paris Saint-Germain (PSG) versus Real Madird.

Laga PSG vs Real Madrid diyakini akan berjalan seru dan penuh gengsi. Pasalnya, dalam laga itu akan ada perang beraroma El Clasico mengingat Lionel Messi akan kembali melawan klub yang menjadi musuh bebuyutannya selama bermain di Barcelona.

Belum lagi, di PSG ada mantan kapten Real Madrid, Sergio Ramos yang akan bertemu dengan mantan rekan-rekannya dan juga pelatihnya, Carlo Ancelloti.

Selain perang bintang antara PSG vs Real Madrid, hasil drawing ini juga menyajikan laga big match lainnya antara Inter Milan vs Liverpool. Tak hanya itu, ada juga duel Atletico Madrid vs Manchester United. 

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 15, 16, 22 dan 23 Februari 2022 mendatang. Sedangkan, leg kedua babak 16 besar Liga Champions akan dimainkan pada 8, 9, 15, dan 16 Maret 2022.

Nantinya, juara grup akan lebih dulu melakoni pertandingan tandang pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Pemenang babak 16 besar Liga Champions akan lolos ke babak perempat final yang akan digelar dalam dua leg.

Leg pertama akan digelar pada 5 dan 6 April dan leg kedua akan digelar pada 12 dan 13 April 2022. Sementara undian babak perempat final akan diadakan pada 18 Maret 2022.

Berikut Hasil Lengkap Drawing babak 16 Besar Liga Champions 2021:

UEFA Lakukan Kesalahan dan Ulang Drawing

Undian babak 16 besar Liga Champions awalnya sudah dilakukan di markas UEFA, Nyon, Swiss pada Senin pukul 18.00 WIB. Tapi, diulang lagi pada pukul 21.00 WIB setelah terjadi kesalahan ketika Manchester United (MU) dipasangkan dengan Villarreal.

Aturan menyatakan bahwa lawan di penyisihan grup tidak bisa bertemu di fase knock-out pertama. Manchester United tidak bisa bermain melawan Villarreal karena kedua sudah saling berhadapan di fase Grup F, dengan klub Inggris tersebut keluar sebagai juara grup.

Kesalahan ini terjadi di undian ketiga. Di mana pada saat itu akan menentukan siapa lawan Atletico Madrid.

Pada saat itu, Atletico Madrid sudah tidak bisa berhadapan dengan Manchester City dan Real Madrid. Karena kedua tim itu sudah diundi bertemu dengan Villarreal dan Manchester City.

Alhasil, Atletico seharusnya diundi melawan Bayern Muenchen, Liverpool, Ajax, Juventus, Lille dan MU. Namun, dalam tayangan video terlihat bahwa Head of Club Competitions UEFA, Michael Heselschwerdt tidak memasukkan bola MU ke dalam pengundian.

Bola Manchester United itu tidak dimasukkan ke dalam mangkuk sebagai calon lawan Atletico Madrid.

United akhirnya diundi melawan Paris Saint-Germain, sementara Atletico Madrid bertemu dengan Bayern Muenchen dan klub Spanyol itu mengatakan mereka sedang dalam pembicaraan dengan UEFA untuk mencari "penjelasan dan solusi setelah kesalahan yang dibuat" dalam undian tersebut.

"Menyusul masalah teknis dengan perangkat lunak dari penyedia layanan eksternal yang menginstruksikan ofisial mengenai tim mana yang berhak berhadapan, kesalahan material terjadi dalam pengundian untuk Babak 16 Besar Liga Champions," kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

"Akibatnya, undian telah dinyatakan batal dan akan sepenuhnya diulang pada 14.00 GMT."