Bos Repsol Honda Gambarkan Betapa Pentingnya Sosok Marc Marquez untuk Pengembangan RC213V
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, sangat berharap Marc Marquez bisa turun dalam tes MotoGP di Misano, September mendatang. Saat ini, Marquez masih menjalani proses pemulihan.

Menurut Puig, kehadiran Marquez untuk menjalani tes di Misano sangat penting untuk memberikan masukan kepada tim teknisi dalam pengembangan RC213V.

Puig tak mengharapkan pebalap asal Spanyol itu bisa balapan. "Tapi jika dia bisa hadir untuk tes, bahkan jika tidak melakukan 100 lap tapi hanya sekadar beberapa kali kesempatan dan memberikan masukan, itu akan sangat penting," ujar Puig kepada DAZN, seperti dilansir Antara.

Bahkan, Puig menggambarkan betapa pentingnya kehadiran Marquez di Misano. Dia menyebut, Honda akan melaju "sedikit buta" apabila sang pebalap akhirnya tak bisa ikut ambil bagian.

"Beberapa waktu lalu kami harus sedikit bergantung kepada Pol Espargaro dan kemudian kepada pebalap penguji. Namun pastinya yang paling tahu motor ini dari pengalamannya...Marc sangat mengenal motor ini karena dia telah memenangi banyak balapan," kata Puig.

"Bukan karena pebalap lain tidak paham dengan motor ini, jangan salah paham, tentunya mereka mengerti, tapi satu yang sangat memahaminya adalah dia yang telah menang lebih banyak dengan motor itu dan mengetahuinya."

"Apabila dia tidak ada di Misano, ini bukan jadi alasan, tapi membuat tugas kami menjadi sedikit lebih sulit," lanjutnya.

Marc Marquez sendiri akan menjalani cek medis dan pemindaian CT pada 25-26 Agustus. Apabila mendapatkan lampu hijau, Marquez bisa melanjutkan program pemulihan cedera ke tahap selanjutnya.

"Kami akan melihat bagaimana kondisi tulangnya saat pemindahan CT selesai," ungkap Puig.