Hukum Skuad Lari 14 Km di Bawah Terik Matahari dan Ancam Copot Ban Kapten Maguire, Erik Ten Hag Tuntun MU pada Perubahan
Erik ten Hag (Instagram @manchesterunited)

Bagikan:

JAKARTA - Para pemain Manchester United memberikan rasa hormat kepada pelatih mereka, Erik Ten Hag, lantaran bersedia ikut lari bersama tim di bawah terik matahari.

Perintah untuk berlari di cuaca panas itu sejatinya adalah hukuman dari Ten Hag untuk para pemain. Tapi, keputusan pelatih asal Belanda untuk memberi hukuman itu kemudian berbuah manis, karena bisa menyatukan tim dan memicu perubahan besar lewat kemenangan 2-1 atas Liverpool pada Minggu kemarin.

Dikutip dari The Sun, Rabu, Ten Hag sempat memerintahkan para pemainnya untuk berkumpul di pusat latihan Carrington. Di bawah cuaca panas, Ten Hag meminta skuad Setan Merah untuk berlari lebih dari 13,8 km.

Keputusan Ten Hag itu mulanya membuat banyak pemain marah. Tapi, kemudian pemain dibuat terkejut karena bukan cuma memerintah, Teh Hag juga turut dalam barisan.

Sikap pelatih itu menunjukkan bahwa tidak ada yang mendapatkan perlakuan khusus dalam tim. Terlebih lagi sebelumnya Ten Hag juga telah memperingatkan empat pemainnya, termasuk Harry Maguire dan Cristiano Ronaldo.

Kepada Maguire, Ten Hag menegaskan bahwa tak ada jaminan baginya untuk jadi pilihan utama. Apalagi statusnya sebagai kapten juga terancam dicopot jika ia tidak bisa pembuktian diri di lapangan.

Menjelang pertandingan, Ten Hag juga telah memberi tahu Maguire bahwa akan ada rotasi di antara bek tengah selama musim ini dan dia tidak dapat memastikan bahwa Maguire akan aman tempatnya setiap minggu.

Ban kapten bahkan sempat diserahkan Ten Hag kepada Bruno Fernandes yang menurutnya berkembang pesat dengan tanggung jawab ekstra.

Maguire belakangan sempat diminati Barcelona dan Chelsea, tapi MU bersikeras untuk tak melepas pemain 29 tahun itu. Namun, kesempatan bagi Maguire semakin kecil jika pasangan bek tengah Raphael Varane dan Lisandro Martinez terus menunjukkan penampilan apik seperti saat melawan Liverpool.

Ten Hag mengatakan, ia telah melakukan perubahan di lini belakang dengan mengganti Maguire dan bek kiri, Luke Shaw oleh Tyrell Malacia. Perubahan itu sengaja dilakukan Ten Hag agar skuadnya lebih mobil.

Ten Hag juga merotasi posisi Ronaldo yang tengah dalam situasi tak menentu karena sang pemain ingin hengkang dari Old Trafford.