Oleksandr Usyk Tampak Seperti Cyborg Jelang Lawan Anthony Joshua
Oleksandr Usyk (Instagram @usykaa)

Bagikan:

JAKARTA - Duel ulang Oleksandr Usyk versus Anthony Joshua digelar akhir pekan ini. Menjelang dule tersebut, penampilan terbaru Usyk tampak seperti cyborg.

Usyk yang berasal dari Ukraina menghabiskan tahun ini berada di luar ring. Ia bergabung dengan militer demi membantu negaranya dari invasi Rusia.

Promotor Usyk, Alex Krassyuk mengatakan bahwa pengalaman keras yang dilewati Usyk telah membuatnya bertekad untuk tampil lebih kuat dari sebelumnya. Petarung 35 tahun itu juga sangat siap dalam pertandingan ulang melawan Joshua.

“Kami menonton videonya (Oleksandr Usyk) yang baru-baru ini diposting dan menyadari bahwa dia terlihat seperti cyborg,” kata Karssyuk dikutip dari The Sun, Rabu.

“Dia melewati neraka dalam tiga bulan terakhir. Dan itu tidak membunuhnya tetapi membuatnya lebih kuat. Saya belum pernah melihatnya lebih bertekad dibdnadingkan dengan sekarang,” lanjutnya.

"Tidak terlalu banyak juara di dunia yang dapat berbagi pengalaman melalui perang dan mencapai ring untuk mempertahankan mahkota kelas berat. Itu adalah tugas yang sangat rumit. Tapi dia (Usyk) tampaknya telah melewatinya dengan benar,” beber sang promotor.

Perubahan signifikan Usyk itu tak lepas dari motivasinya yang bertekad untuk mempertahankan sabuk gelar juara dunia kelas berat WBA, WBO, IBF dan IBO saat ia mengibarkan bendera untuk Ukraina.

Lebih lanjut, Krassyuk juga mengungkap Usyk mendapat dukungan penuh dari warga sipil dan militer Ukraina untuk melangsungkan pertandingan ulang melawan Joshua. Pasalnya, momen ini bisa jadi kesempatan bagi Usyk untuk menunjukkan yang terbaik dari apa yang ditawarkan negara tersebut.

“Dia (Oleksandr Usyk) membuat keputusan untuk melakukan pertandingan ulang dalam situasi ini setelah dia menerima dukungan besar dari militer Ukraina,” beber Krassyuk.

“Dia berhubungan dengan perwira tinggi, dia mengunjungi rumah sakit dengan kombatan yang terluka, dia berbicara dengan penggemar dan di setiap percakapan dia mendengar kata-kata dukungan dan berkah untuk melakukan pertandingan ulang,” lanjutnya.

"Orang-orang ingin dia bertarung. Orang-orang ingin dia menang. Mereka semua ingin bendera Ukraina dikibarkan dan lagu kebangsaan Ukraina didengar di seluruh planet ini.

“Seluruh dunia harus tahu bahwa Ukraina adalah negara orang-orang yang bebas, transparan, kuat, spiritual, dan maju. Tidak terlalu banyak pria yang mampu menyampaikan pesan-pesan ini. Usyk dianggap bisa melakukannya melalui olahraga,” sambung Krassyuk

“Biarkan sejarah menilai betapa istimewanya dia,” tutupnya.

Di sisi lain, Usyk juga mendapat dukungan dari Mike Tyson. Legenda tinju dunia itu percaya kecepatan dan pukulan jab Usyk akan menyebabkan masalah bagi Joshua di Arab Saudi.

Fury juga mengharapkan Usyk menang lagi dalam tanding ulang itu. Sebab Fury menilai Usyk adalah ‘petinju yang terlalu bagus’ untuk Joshua, yang tidak memiliki kemampuan untuk menekan selama 12 ronde.