Pelatih Bivol Ungkap Mengapa Permainan Mental Canelo Gagal dalam Duel Lawan Anak Didiknya
Canelo Alvarez saat dikalahkan Dmitry Bivol (Instagram @matchroomboxing)

Bagikan:

JAKARTA - Canelo Alvarez selalu menggunakan permainan mental sebelum menghadapi lawannya, demikian kata Joel Diaz, pelatih Dmitry Bivol.

"Beberapa waktu sebelumnya, Dmitry mendekati saya dan mengatakan kepada saya bahwa dia tidak percaya pertarungan itu akan terjadi," kata Diaz dalam wawancara dengan saluran YouTube ESNEWS dikutip Marca, Selasa, 9 Agustus.

"Saya mengatakan kepadanya untuk bersiap-siap, bahwa saya tahu betul Canelo sudah memasukkannya ke dalam daftar dan memulai pelatihan. Bahwa dia sudah menetapkan tujuan dan dengan cara itu kami mendapatkan persiapan dua minggu sebelum pengumuman resmi."

Pada 7 Mei lalu di Las Vegas, Bivol menang angka atas Canelo, dan keputusan juri adalah triple 115-113, jadi tidak ada keraguan tentang kemenangan petinju Rusia atas petinju Meksiko.

Diaz menyoroti bahwa kunci untuk meraih kemenangan adalah strategi yang mereka gunakan untuk mendekati pertarungan dan mengakui bahwa dia takut pada titik tertentu jatuhnya Bivol dapat mengubah keputusan juri, tetapi itu tidak terjadi.

"Strategi yang kami buat untuknya adalah dengan meng-outbox-nya dan menggunakan jab-nya untuk pergi dan memainkan permainan Canelo," komentar Diaz.

"Setiap knockdown akan menjadi alasan untuk memberi Canelo kemenangan. Dia mendominasi pertarungan dan mereka membuatnya kalah dalam empat ronde pertama yang menurut saya bodoh."

Kini, Canelo lebih memilih pertandingan ulang melawan Gennady Golovkin ketimbang melawan Bivol.

"Sejujurnya saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan," kata Diaz.

"Bivol melakukannya dengan sangat baik, Canelo memiliki opsi pertandingan ulang, tetapi dia lebih suka membalikkan keadaan. Saya katakan sekali dan untuk semua, jika mereka bertarung di 168, Bivol juga mengalahkan Canelo."