Ucapan Gibran Rakabuming Terbukti, Kontingen Indonesia Panen Emas pada Hari Ketiga ASEAN Para Games 2022
Kontingen Indonesia panen medali emas pada hari ketiga ASEAN Para Games 2022. (Foto via Antara/Bambang Dwi Marwoto)

Bagikan:

SOLO - Kontingen Indonesia panen medali emas pada hari ketiga ASEAN Para Games 2022, Senin, 1 Agustus. Hal ini sesuai dengan prediksi Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Commitee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka.

Pria yang juga Wali Kota Solo itu mengatakan, para atlet Indonesia akan mendapatkan banyak medali emas di hari ketiga penyelenggaran ASEAN Para Games 2022.

Terbukti, 28 medali emas yang diraih kontingen Indonesia. Rinciannya adalah enam medali emas dari tenis meja, tujuh medali emas dari renang, 11 medali emas dari atletik, tiga dari angkat besi, dan satu dari bulu tangkis.

Namun, tak semua medali emas itu diresmikan dengan upacara penghormatan pemenang. Contohnya di cabang atletik yang baru dua medali emas yang digelar seremoni penghormatan pemenang.

Dua nomor itu adalah 100 meter T42 atas nama Evi dan nomor 100 meter T46 atas nama Firsa. "Yang lain di antaranya lempar cakram dan tolak peluru, belum," tutur pelatih para atletik Indonesia, Slamet Widodo, seperti dikutip Antara.

Slamet mengaku, pencapaian anak asuhnya pada hari ketiga ASEAN Para Games 2022 ini melampaui target yang sebelumnya dicanangkan, yakni 10 medali emas. Dia berharap, tujuan untuk menjadi juara umum bisa tercapai.

Jika atletik mampu melebihi target, tidak demikian dengan para renang. Kontingen Indonesia gagal memenuhi target hari pertama dengan 10 medali emas. Artinya, tiga nomor yang meleset.

"Total perolehan hari ini ada tujuh emas, sembilan perak dan tujuh perunggu," ungkap koordinator pelatih para renang Indonesia, Dimin.

Meski demikian, dia tetap yakin bisa memenuhi target di ASEAN Para Games 2022 dengan 27 medali emas. Pasalnya, masih ada peluang untuk menciptakan kejutan dari nomor yang tak diunggulkan.