Sosok Mas Bayu di Balik Kesuksesan Ni Made Arianti Raih Emas ASEAN Para Games 2022 Meski Belum Sepenuhnya Fit
Atlet para-atletik Ni Made Arianti bersama guidenya, Bayu. (Foto: ANTARA/Muhammad Ramdan)

Bagikan:

SOLO - Pelari putri Indonesia, Ni Made Arianti, merebut medali emas pada nomor T12 100 meter cabang olahraga atletik ASEAN Para Games 2022, Senin, 1 Agustus. Dia menjadi yang tercepat menyentuh garis finis dengan catatan waktu 13,7 detik.

Arianti mengalahkan atlet Thailand, Pornpansa Suwanmahawong, yang finis kedua. Sementara wakil Indonesia lainnya, Amalia Nilam Tiara, menempati posisi ketiga.

Arianti mengaku, sempat deg-degan sebelum tampil. Dia punya keraguan karena kondisi kakinya yang belum sepenuhnya fit pasca-cedera.

"Saya tidak dalam kondisi terbaik karena kakinya juga belum fit dan ini pertama kali juga lari di sini bersama guide dan ternyata bisa," tuturnya, seperti dikutip dari Antara.

Arianti mengungkapkan, kesuksesannya ini tak lepas dari peran Bayu, guide yang mendampinginya. Dia menyebut Bayu adalah sosok yang selalu memotivasi dan memberikan semangat kepadanya selama masa persiapan.

Dia juga merasa cocok dengan Bayu karena punya kebiasaan yang sama. "Jadi kalau ada apa-apa saya minta bantuan ke Mas Bayu, misalnya ketika latihan teknik dia yang membantu dan membimbing saya," katanya.

Sementara Bayu mengaku, dirinya memang harus memberikan perhatian kepada atlet. Perlakuan tersebut agar membuat sang atlet merasa nyaman dalam berlatih maupun bertanding.

"Saya sebagai guide tugasnya membantu saja. Kalau latihan atau mau apa, saya bantu. Jadi biar measa diberi perhatian. Kalau begitu atlet bisa lebih enak," ujar Bayu kepada Antara.