Cerita Putri Aulia yang Kecewa Raih Emas ASEAN Para Games 2022 karena Lawan Mendadak Pindah Kelas
Atlet Indonesia, Putri Aulia, meraih emas nomor 100meter T13 putri ASEAN Para Games 2022.(Foto: Antara/Muhammad Ramdan)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet Indonesia, Putri Aulia, meraih medali emas nomor 100 meter T13 cabang olahraga atletik ASEAN Para Games 2022, Senin, 1 Agustus. Namun, dia justru merasa kecewa.

Dia tak habis pikir dengan perubahan jadwal dari cabang olahraga para-atletik. Bahkan persaingan pun berubah. Menurut putri, 100 meter seharusnya diikuti empat atlet.

"Namun berubah menjadi dua atlet saja, karena peserta lainnya secara mendadak pindah kelas. Kemudian kata panitia hanya emas yang diperebutkan," ujar Putri, seperti dikutip dari Antara.

"Selain itu, saya juga harusnya tampil lebih dulu, namun ada perubahan jadi lebih siang," lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Putri kemudian menyampaikan keputusannya untuk pensiun. Dia menyatakan, ASEAN Para Games kali ini akan menjadi penampilan terakhir karena ingin fokus pada keluarga.

"Bersyukur bisa finis terdepan karena ini adalah ASEAN Para Games terakhir saya. Setelah ini, saya akan fokus menjalankan program bersama keluarga," tuturnya.

Putri adalah atlet lari andalan Indonesia untuk klasifikasi T13 putri. Sebelumnya dia mewakili Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di dunia yakni Paralimpiade Tokyo 2022. Kala itu, Putri belum mampu menyumbang medali.

Adapun gelaran ASEAN Para Games 2022 menjadi penampilan kedua setelah sebelumnya di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2017.

"Setelah menunggu lima tahun, saya akhirnya bisa tampil di ASEAN Para Games. Setelah Paralimpiade Tokyo saya sempat cedera. Jadi dengan hasil ini, saya sangat bersyukur," ujar Putri.