Puan Maharani Bangga atas Prestasi Hattrick Juara Umum Indonesia di ASEAN Para Games 2023
Puan Maharani bersama rombongan kontingen ASEAN Para Games Indonesia. (Dok. Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani, dengan bangga menyambut rombongan kontingen Para Games Indonesia yang telah meraih gelar Juara Umum pada ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. Puan menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya, terutama karena Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dalam tiga kali penyelenggaraan berturut-turut.

Kedatangan rombongan kontingen ASEAN Para Games Indonesia disambut oleh Puan di Bandara Adi Sumarmo, Solo, pada Sabtu (10/6/2023) pukul 17.00 WIB. Puan memberikan selamat dan menyambut atlet dan pelatih yang telah berjuang dalam ajang olahraga multi-cabang bagi atlet penyandang disabilitas di Asia Tenggara.

"Saya merasa bangga atas capaian kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 yang digelar di Kamboja ini. Prestasi seluruh anggota kontingen Indonesia mampu membawa Indonesia hattrick juara umum ASEAN Para Games," kata Puan.

Selain memberikan ucapan selamat, Puan juga memberikan penghargaan kepada beberapa atlet dengan mengalungkan bunga sebagai bentuk penghargaan atas prestasi gemilang kontingen Indonesia. Ia juga berbincang-bincang dengan para atlet tersebut.

Prestasi ini menjadi bukti bahwa usaha dan dedikasi yang dilakukan oleh seluruh anggota kontingen Indonesia tidak pernah mengkhianati hasil. Puan mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi mereka yang berhasil membawa Indonesia meraih prestasi gemilang dengan perolehan medali yang melampaui target yang ditetapkan.

Dalam ASEAN Para Games 2023, Indonesia berhasil meraih 159 medali emas, 148 medali perak, dan 94 medali perunggu, dengan total 401 medali. Angka ini melebihi target yang ditetapkan oleh Pemerintah yaitu 121 medali emas.

Indonesia berhasil mengungguli pesaing terberatnya, Thailand, yang menempati peringkat kedua dengan perolehan 126 medali emas, 109 perak, dan 92 perunggu. Vietnam berada di peringkat ketiga dengan raihan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Keberhasilan ini juga menjadi tonggak sejarah, karena Indonesia berhasil meraih jumlah medali terbanyak sejak keikutsertaannya dalam ASEAN Para Games, meskipun bukan sebagai tuan rumah.

Puan juga meminta agar Pemerintah segera memberikan bonus kepada para atlet dan pelatih sebagai penghargaan atas prestasi mereka dalam perhelatan ini. Bonus akan diberikan berdasarkan jenis medali yang diraih, baik itu emas, perak, atau perunggu.

Selain itu, Puan mengajak seluruh anggota kontingen untuk memanfaatkan momentum ASEAN Para Games 2023 sebagai persiapan menghadapi ajang olahraga bergengsi lainnya.

Sementara itu, atlet bulutangkis mini Indonesia pada ajang ASEAN Para Games 2023, Dimas Triaji mengucapkan terima kasih atas dukungan Puan. Dimas menjadi salah satu atlet yang mendapat kalungan bunga dari Puan, sore ini.

Dimas yang berhasil membawa pulang medali emas dalam cabor bulutangkis ganda putra SH6 dan medali perunggu untuk cabor Para Badminton di nomor Men’s Singles SH6 tersebut berharap bisa terus mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia.

“Untuk masyarakat Indonesia, tetap terus dukung atlet-atlet Para Games,” kata Dimas Triaji.