Modal Penting Pembangunan Olahraga Disabilitas Indonesia
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (tengah) berfoto bersama atlet ASEAN Para Games 2023 yang merebut medali. (Foto: Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Pencapaian luar biasa dibuat kontingen Indonesia pada ajang ASEAN Para Games 2023. Tim Merah Putih sudah menyegel status juara umum meski perhelatan olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara itu belum berakhir.

Kontingen Indonesia mencetak rekor dengan mencatatkan hattrick sebagai juara umum. Selain itu, sejarah juga tercipta dengan perolehan medali emas terbanyak.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut prestasi, rekor, hingga sejarah yang tercipta di ASEAN Para Games 2023 menjadi modal penting untuk pembangunan olahraga disabilitas Indonesia di masa depan.

"Perolehan medali di ASEAN Para Games 2023 adalah yang terbaik dan hebat. Selain meraih medali emas terbanyak saat tidak menjadi tuan rumah, juga meraih medali perak dan perunggu terbanyak," kata Menpora.

"Ini momentum yang sangat penting dan energi yang sangat dibutuhkan untuk Indonesia menuju olahraga Indonesia yang lebih baik dan lebih maju," sambungnya.

Menpora menyebut, capaian juara umum ASEAN Para Games di Kamboja merupakan juara yang paripurna karena selain meraih emas terbanyak, juga mencatatkan medali perak dan perunggu paling banyak di antara negara lain.

"Jadi ini adalah juara umum yang paripurna benar-benar paripurna. Dalam perhelatan ASEAN Para Games ini tim Indonesia memecahkan 15 rekor, empat nomor rekor dari para-angkat berat dan 11 dari para-renang, ini suatu lonjakan yang sangat hebat dan membanggakan bagi perkembangan paralympic Indonesia," kata Menpora.

Secara khusus Menpora menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak terkait yang telah mendukung perjuangan kontingen Indonesia sehingga mampu mencetak hattrick juara umum ASEAN Para Games.

Seperti diketahui, tim Merah Putih menjadi juara umum ASEAN Para Games tiga kali berturut-turut, yakni APG ke-10 di Malaysia, ke-11 di Indonesia, dan ke-12 di Kamboja.

"Saya mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada NPC Indonesia, CdM serta para pihak yang sudah mensupport seperti dari Bayan Resources, karena keyakinannya dan kepercayaannya bisa membawa Indonesia mendulang prestasi tinggi di level Asia Tenggara dan memecahkan rekor," kata Menpora.

"Saya sangat bahagia karena dalam SEA Games dan APG 2023 seluruh tim kita banyak sekali pencapaian-pencapaian, pemecahan rekor dan sejarah," lanjutnya.